Presiden PKS Nilai Arah Demokrasi Dibawah Kepimpinan Jokowi Alami Kemunduran


Presiden PKS Ahmad Syaikhu

AKTUALITAS.ID – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menilai demokrasi di Indonesia masih terjebak pada prosedural. Menurutnya, arah demokrasi dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengalami kemunduran dan lebih buruk dibanding pemimpin sebelumnya.

“Indonesia masih terjebak pada demokrasi prosedural tapi belum naik kelas menjadi demokrasi substansial, bahkan di periode pemerintahan Presiden Joko Widodo arah demokrasi mengalami kemunduran, demokrasi menjadi lebih buruk dibandingkan kepemimpinan sebelumnya,” katanya dalam pidato kebangsaan di HUT ke-50 CSIS, Jumat (20/8/2021).

Dia menilai, demokrasi saat ini sudah keluar dari fitrahnya. Menurutnya, pasca reformasi Indonesia belum mampu melakukan konsolidasi demokrasi.

“Hari-hari ini kita menyaksikan bahwa demokrasi kita mengalami kemunduran dan keluar dari fitrahnya, setelah lebih dari dua dekade pasca reformasi, Indonesia belum mampu melakukan konsolidasi demokrasi,” ucapnya

“23 tahun reformasi sudah berjalan sudah 5 kali pemilu, dan 4 kali pemilihan presiden secara langsung tanda tanda konsolidasi demokrasi belum berjalan sesuai harapan,” ungkap Syaikhu.

Dia menyebut, bahwa demokrasi sudah putar haluan ke arah otoritarianisme. Menurutnya, hal itu seperti diungkapkan para ilmuwan politik.

“Para ilmuwan politik menilai bahwa pemerintahan hari ini melakukan putar haluan dari demokrasi prosedural ke arah otorotiratianisme,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>