Garut Diguncang Gempa Dangkal Magnitudo 4,9


Ilustrasi Gempa Bumi, (Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan sekitarnya pada Senin (23/8/2021) dini hari, sekitar pukul 04.13 WIB.

“Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 8.32 LS dan 107.58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km Barat Daya Garut-Jabar pada kedalaman 1 kilometer,” demikian siaran pers yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin pagi.

BMKG menyatakan dengan memerhatikan lokasi episentrumdan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempadangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Cijulang, Tasikmalaya, Pameungpeuk, Ciamis, Bungbulang, Cisompet, Ciparanti, Cikalong dan Cijagra dengan Skala Intensitas III MMI. Skala itu menggambarkan bahwa getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sejauh ini belum diketahui dampak dari gempa tersebut apakah menimbulkan kerusakan bangunan hingga korban.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>