Pada Semptember 2021, PMI Manufaktur Indonesia Naik ke Level 52,2


Ilustrasi Industri Manufaktur, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Febrio Kacaribu mengatakan PMI Manufaktur Indonesia pada September 2021 sudah kembali di angka 52,2 dari sebelumnya di Agustus di level 43,2.

“Angka PMI Agustus ini masih di angka 43, tapi hari ini jam 8 pagi tadi kami dapat data sudah naik ke 52,2,” kata Febrio dalam Taklimat Media, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Peningkatan PMI tersebut kat Febrio menunjukkan sudah ada ekpansi di sektor industri manufaktur. Aktivitas pertumbuhan ekonomi dinilai akan pulih lebih cepat dari yang diperkirakan.

“Ini sudah ekspansi sangat kuat, lagi-lagi kita dapat konfirmasi, aktiitas perekonomian itu pulih dengan cepat,” kata Febrio.

Peningkatan PMI ini sejalan dengan terkendalinya penyebaran virus corona varian delta. “Hal ini sejalan dengan keberhasilan kita dalam menangani varian delta,” kata dia.

Beberapa aktivitas konsumsi rumah tangga juga sudah mulai menunjukkan perbaikan. Tentunya kata Febrio pertumbuhan ekonomi akan lenih baik karena sudah ada tanda-tanda yang menuju arah perbaikan ekonomi.

“PMI yang meningkat akan berdampak pada konsumsi rumah tangga yang akan membaik, karena sudah ada tanda-tandanya. Ini sangat menggembirakan,” kata dia mengakhiri.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>