Mensos Risma Tegaskan Pemerintah Tak Berniat Bubarkan BNPB


Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan persnya di kantor Kemensos, Senin (27/9/2021). Dalam keterangan persnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini ingin memastikan ketepatan sasaran penyaluran bantuan sosial melalui pemutakhiran data secara periodik dan sistematis. Kemensos melakukan pemadanan data penerima bantuan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).AKTUALITAS.ID/Munzir.

AKTUALITAS.ID – Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan bahwa pemerintah tidak berniat membubarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Nomenklatur BNPB sendiri tidak tercantum dalam draf revisi Undang- Undang Penanggulangan Bencana.

“Saya terus terang mempelajari beberapa surat dari bapak Mensetneg, MenPAN dan sebagainya sebetulnya pertama bahwa tidak ada keinginan untuk meniadakan badan penanggulangan bencana nasional,” katanya dalam rapat bersama Komisi VIII DPR dan Komite II DPD RI, Selasa (5/10/2021).

Alasan tidak dicantumkannya nomenklatur BNPB di draf RUU Penanggulangan Bencana karena draf tersebut tidak hanya mengatur bencana terkait alam. Tetapi, bencana non alam dan bencana sosial.

“Permasalahannya memang di bencana ini ada tiga karakteristik bencana yang berbeda, jadi satu bencana alam, dua bencana non alam, ketiga bencana sosial, kami ingin menyampaikan bahwa ini memang harus dipisah karena memang karakteristik nya berbeda, sangat berbeda,” tutur Risma.

Risma menyebut, tiga karakteristik bencana itu tidak bisa hanya ditangani oleh satu koordinator lembaga dalam hal ini BNPB. Dia mencontohkan penanganan bencana sosial dimana Kemensos ikut andil dalam menangani konflik sosial.

“Tapi yang jelas tidak ada niat dari pemerintah untuk menghapus BNPB, bukan, tidak ada. Tapi karena materimya berbeda, penanganan bencana alam itu berbeda sama sekali dengan bencana sosial, bukan sekadar pengungsi, tapi mohon maaf kadang disitu masalah rekosiliasi dan sebagainya, bukan kekuatan sarana prasarana, tapi kekuatan komunikasi,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>