Usai Lockdown 20 Bulan, Vietnam Sambut Turis Asing Pertama


Petugas di Vietnam berjaga-jaga di Distrik Le Minh di Hanoi, Vietnam di masa social distancing akibat pandemi virus corona. Foto: VNA/VNS Photo Danh Lam

Turis asing pertama mendarat di Vietnam setelah negara tersebut menutup perbatasan hampir 20 bulan terakhir. Penutupan itu dilakukan demi meredam penyebaran virus corona di Vietnam.

Turis asing pertama yang tiba di Vietnam adalah 400 penumpang Korea Selatan dan Jepang yang telah divaksinasi lengkap. Mereka tiba dengan dua penerbangan charter dari Seoul dan Tokyo pada Kamis (11/11).

Media lokal, seperti dilansir AFP, memberitakan turis asing itu bertujuan ke Nha Trang, kawasan yang populer di kalangan pegolf, pencinta pantai, dan penyelam. Banyak hotel mewah di daerah tersebut.

Mereka tiba di sana jelang Vietnam membuka kembali pulau resor, Phu Quoc, untuk turis asing yang sudah divaksinasi pada 20 November. Hal itu direncanakan dengan harapan bisa menyambut 5.000 wisman dalam beberapa bulan mendatang.

Wisatawan asing yang ingin memasuki Vietnam harus menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan hasil tes virus corona pra-keberangkatan negatif.

Negara komunis itu putus asa untuk menghidupkan kembali ekonominya yang terpukul parah setelah berbulan-bulan melakukan penguncian wilayah.

Perbatasannya telah ditutup untuk pengunjung internasional sejak Maret tahun lalu dan hampir tidak ada penerbangan komersial yang memasuki negara itu.

Tahun lalu, Vietnam dipuji secara luas atas penanganan pandemi. Penanganan dari pemerintah dan kerja sama dari masyarakat membuat negara tersebut hanya mencatat lusinan kasus virus corona.

Tetapi mulai April 2021, varian Delta yang sangat menular ditemukan di sana. Vietnam sejak itu mencatat lebih dari satu juta infeksi dan hampir 23.000 kematian, karena berjuang untuk mengamankan cukup vaksin untuk 100 juta penduduknya.

Sejauh ini, sekitar 32 persen warga Vietnam telah mendapatkan dosis vaksin yang lengkap.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>