Pejabat Kementan Berbaju Loreng, Wakil Ketua DPR Ingatkan ASN Harus Jaga Integritas Sebaik Mungkin


AKTUALITAS.ID – Sejumlah pejabat ASN Kementan berfoto bareng dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Menteri Pertanian yang juga kader NasDem, Syahrul Yasin Limpo. Mereka mengenakan pakaian loreng loreng bercorak biru khas partai NasDem.

Merespons itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa ASN memiliki kode etik. Sehingga, mereka harus menjaga integritasnya sebaik mungkin.

“Kita cuma hanya ingatkan saja bahwa ASN itu punya kode etik soal ASN. Sehingga harus menjaga integritas sebagai ASN sebaik-baiknya,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Dasco tidak menyatakan ASN tersebut benar atau salah mengenakan baju loreng mirip seragam NasDem. Sebab, ada lembaga tersendiri yang mengawasi abdi negara.
“Kami tidak dalam kapasitas menyatakan itu benar atau salah, boleh atau tidak karena ada lembaganya yang akan menilai. Apakah itu kemudian benar atau salah,” tuturnya.

Pejabat Eselon I Kementerian Pertanian menjadi sorotan. Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementan itu berfoto bareng dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Menteri Pertanian yang juga kader NasDem, Syahrul Yasin Limpo. Pejabat Kementan itu mengenakan pakaian loreng loreng bercorak biru khas partai NasDem.
Foto tersebut ditampilkan ketika rapat dengar pendapat Komisi IV pada Senin (15/11). kemarin.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono diingatkan langsung oleh anggota dewan dalam rapat tersebut bahwa ASN tidak berpolitik.

Kasdi menjelaskan, jajarannya menggunakan pakaian loreng tersebut hanya untuk menghormati peringatan HUT NasDem. Kasdi mengatakan, dirinya hadir bersama Menteri Syahrul Yasin Limpo.

“Sebenarnya kami ingin menghormati acara tersebut dan kami hadir bersama dengan menteri. Tidak ada maksud lain. Mohon maaf kalau memang itu bagian yang kurang berkenan di bapak ibu sekalian tapi sesungguhnya apa di hati kami tetap dalam upaya birokrat, karena ini menghormati kami menggunakan atribut itu,” kata Kasdi dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV.
Ia menuturkan, seragam tersebut merupakan seragam Kostranas atau Komando Strategi Nasional. Meski, Kasdi mengaku tidak mengetahui apa Kostranas dalam Partai NasDem.

Kasdi pun menyampaikan permohonan maaf atas kekeliruan yang dilakukan jajaran Eselon I. Ia berjanji tak akan mengulangi hal serupa.
“Itu seragam yang saya kenal seragamnya Kostranas, bapak. Saya tidak tahu Kostranas itu dalam posisi di Nasdem trus terang saya tidak tahu,” ujar Kasdi.

“Yang kami pahami pak singkatannya komando strategi nasional. Saya terus terang fungsinya tidak paham juga bapak. Mohon maaf,” jelas Kasdi.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Sudin dalam kesempatan tersebut mengingatkan apa yang dilakukan pejabat Kementan tersebut tidak etis. Apalagi, Menteri Syahrul yang merupakan kader NasDem pun tidak memakai pakaian loreng serupa. Suding mengingatkan, para pejabat Eselon I tersebut bisa dicopot.
“Nanti kalau ada pihak yang mengadukan ada pihak yang mengadukan ke Men PAN atau ke mana, tahu kan sanksinya? Pencopotan dan penurunan pangkat golongan. Itu undang-undangnya,” ujarnya.

“Sudah lah pak ya, jual kemampuan, jangan jual harga diri, kemampuan saya sebagai dirjen mampu membuat petani Indonesia sejahtera. Tolong. Tolong jaga netralitas. Kalau bapak main belakang ya monggo silakan karena Syahrul Yasin Limpo junjungan bapak-bapak semua. Jangan sampai jadi blunder itu saja ya terima kasih,” tegasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>