Tembus 100 Ribu Sehari, Kasus Covid-19 Inggris Pecah Rekor


Ilustrasi © Reuters / Stefan Jeremiah

Untuk pertama kalinya selama pandemi melanda, kasus Covid-19 di Inggris menembus angka 100 ribu dalam sehari pada Rabu (22/12).

Regulator kesehatan Inggris melaporkan 106.122 kasus Covid-19 dalam sehari. Penambahan ini merupakan yang tertinggi selama pandemi menerpa Inggris.

Inggris memang sedang mengalami lonjakan Covid-19, terutama setelah mereka mendeteksi infeksi virus corona varian Omicron.

Di tengah peningkatan kasus Covid-19 ini, Inggris kembali menggenjot program vaksinasi. Badan Regulator Obat-obatan dan Layanan Kesehatan Inggris (MHRA) baru saja mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer dengan dosis lebih rendah untuk anak usia 5-11 tahun.

Inggris juga menjadi negara pertama yang mengizinkan penggunaan pil Covid-19 produksi Pfizer. Regulator Inggris mengeluarkan izin itu setelah uji klinis menunjukkan pil Paxlovid itu 90 persen efektif mengurangi risiko rawat inap dan meninggal dunia.

Meski demikian, pemerintah Inggris masih terus menuai kritik karena Perdana Menteri Boris Johnson tetap melonggarkan aturan pencegahan Covid-19 menjelang liburan Natal.

Johnson berdalih bahwa Omicron, yang saat ini mendominasi kasus Covid-19 di Inggris, tidak lebih ganas dari varian Delta.

Inggris pun masih mengizinkan berbagai acara selama Natal. Di Wales, warga masih dapat bersosialisasi di kelab malam, bioskop, restoran walau dibatasi hanya enam orang.

Irlandia Utara juga menerapkan kebijakan serupa. Namun, kelab malam harus tutup 20.00 dengan aturan warga harus membatasi interaksi antar-orang yang tak serumah.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>