Wagub Jambi Sambut Kepulangan 372 Jemaah Haji


Wagub Jambi Abdullah Sani Sambut Jemaah Haji

AKTUALITAS.ID – Kepulangan jemaah haji Jambi dari Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi disambut penuh haru di Asrama Haji, Kota Jambi, Senin (17/7/2023). Penyambutan jemaah haji Jambi tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, jajaran Kanwil Depertemen Agama Provinsi Jambi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) Provinsi Jambi dan para keluarga haji.

Dari sebanyak 373 calon jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama yang diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, sebanyak 372 orang kembali dengan sehat walafiat. Sedangkan seorang calon haji atas nama Rustam Bin Abdul Rajak (81) asal Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Abdullah Sani pada kesempatan tersebut mengatakan, kloter pertama haji yang pulang dari Tanah Suci tersebut merupakan jemaah Kloter BTH 17. Mereka berangkat dari Arab Saudi pada Minggu (16/7/2023) pukul 21.10 Waktu Arab Saudi (WAS) dan tiba di Embarkasi Haji Batam, Provinsi Kepulauan Riau Senin (17/7/2023) dan langsung menuju bandara Sultan Thaha Jambi.

Menurutnya, kondisi jemaah haji Jambi yang kembali dari Tanah Suci sehat dan semuanya bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik. Atas nama Pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi, Abdullah Sani mengucapkan selamat kembali ke Tanah Air dan menjadi haji mabrur.

Abdullah Sani mengatakan, para jemaah haji Jambi berangkat haji karena taqwa dan kembali semakin taqwa serta bisa menjadi panutan di tengah masyarakat. Para jemaah haji yang kembali ke Tanah Air hendaknya memberikan keteladanan terbaik bagi daerah dan bangsa Indonesia.

“Semoga keteladanan bapak dan ibu haji terus tersebar ke masyarakat. Para bapak dan ibu haji juga tetap memberikan keteladanan dalam bernegara untuk terus menyampaikan Islam yang rahmatan lil ‘alamin,”katanya.

Abdullah Sani juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas yang telah turut serta menyukseskan proses keberangkatan dan pemulangan jemaah haji Provinsi Jambi tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Karena ini merupakan kloter pertama, kata Abdullah Sani, Pemprov Jambi tentu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama menyukseskan proses keberangkatan dan pemulangan jemaah haji Provinsi Jambi.

Pihak-pihak yang endukung penuh pemberangkatan dan pemulangan haji tersbeut, yakni jajaran Pemprov Jambi, Kanwil Agama Provinsi Jambi, TNI/POLRI, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, KKP Kelas III Jambi, pemerintah kabupaten/kota se – Provinsi Jambi dan semua pihak yang telah membantu kelancaran jemaah haji tahun ini.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) Provinsi Jambi dan Pendamping Haji Provinsi Jambi, Aspendri menjelaskan, pemberangkatan calon haji Jambi kloter pertama berjumlah 373 orang. Calon jemaah haji yang meninggal satu orang. Sedangkan jemaah haji kloter petama yang kembali dengan selamat ke Jambi sebanyak 372 orang.

“Sebagai pendamping, kami mohon maaf mungkin masih banyak kekurangan dan salah selama perjalanan haji. Kami sudah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, mungkin masih ada kurang dan salahnya, mohon maaf,”ucapnya. [Muslami Effendi/Eki]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>