Pusbintal TNI : Simulasi Sapta Marga Sebuah Upaya Mewujudkan Prajurit yang Patriotis


AKTUALITAS.ID – Simulasi Sapta Marga Sebuah Upaya Mewujudkan Prajurit yang Patriotis” merupakan tema yang diusung Pusbintal TNI saat menggelar sumulasi Sapta Marga di Pangkalan TNI AL Mataram Lombok, Kamis 27/7/23, bertempat di Aula R. Mulyadi Lanal setempat.

Kapusbintal TNI Laksma TNI Drs. Ian Hariyawan, CHRMP dalam sambutanya yang diwakili Kolonel Caj. Muftiono, S, Ag, M, A.
menyampaikan bahwa penyelenggaraan simulasi ini memiliki makna yang strategis guna meningkatkan kualitas mental prajurit TNI. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan prajurit TNI, secara eksplisit telah tercantum dalam Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta 8 Wajib TNI.

Menurutnya perkembangan lingkungan strategis akan berdampak langsung terhadap tantangan dan tuntutan tugas prajurit yang semakin berat dan kompleks.
Kondisi lingkungan masyarakat yang semakin dinamis, memiliki kecenderungan nilai-nilai luhur bangsa, landasan moral dan etika, mulai tergerus, sehingga situasi dan kondisi yang kurang kondusif tersebut tentu akan bermuara kepada penurunan kondisi mental prajurit, baik dalam aspek ideologi, penurunan disiplin/etos kerja, soliditas dan cinta NKRI,

Kapusbintal TNI berharap, dengan simulasi ini bisa menjadi sarana untuk saling bertukar pikiran, menyampaikan pendapat dalam memecahkan persoalan, sehingga simulasi ini tidak dicari siapa pemenangnya, namun lebih kepada bagaimana peserta berani menyampaikan saran, ide dan gagasan dalam menyikapi sebuah persoalan yang dihadapi prajurit TNI saat ini, tegasnya.

Sementara Kabid Ideologi Pusbintal TNI Kolonel Caj. Muftiono, S, Ag, M, A.
selaku nara sumber menyampaikan bahwa simulasi ini terbagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok matra darat dengan sindikat Rusa, matra laut bersindikat Hiu, dan matra udara bersindikat elang.

Menurutnya dalam simulasi tersebut tiap kelompok terdiri dari 6 personil sebagai pemegang peran yang menjabat sebagai Komandan Batalyon, Perwira operasi, Perwira personel, Perwira hukum, Perwira bintal, dan perwira intel. Simulasi ini tiap kelompok mendapatkan 2 persoalan untuk didiskusikan dan diberikan solusi. Adapun persoalan tersebut yang biasa terjadi dalam kehidupan prajurit meliputi KDRT, Desersi, Moderasi Beragama, Judi Online, Narkoba, Sangsi, Asusila. Selain itu juga diberikan apresiasi kepada kelompok yang mampu menyelesaikan persoalan dan pemain yang berkontribusi terhadap permasalahan yang ada, imbuh Muftiono.

Turut Hadir dalam acara ini Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Djawara H.T Whimbo, Danrem 162/ Wira Bakti yang diwakili Pasikomsos Mayor Chb Ade, Danlanud ZAM yang diwakili Mayor Kal Gede Mangku Yasa, serta Kasubidbangmat Bidbintal Letkol Sus Giyanto sebagai Fasilitator. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>