Kontingen Pramuka Indonesia Meriahkan Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan


AKTUALITAS.ID – Korea Selatan semarak dengan kehadiran kontingen Pramuka Indonesia yang berjumlah 1.579 orang dalam rangka mengikuti Jambore Dunia ke-25 di SaeManGeum. Kehadiran kontingen Pramuka Indonesia ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah partisipasi Pramuka Indonesia dalam Jambore Dunia. Acara ini juga menjadi bagian dari perayaan Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan di tahun 2023.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, menyambut hangat kedatangan para pramuka Indonesia dan berharap pengalaman serta pendidikan yang diperoleh selama Jambore Dunia ini akan membuka wawasan dan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin di berbagai bidang, baik di dalam negeri maupun di tingkat internasional.

“Sejalan dengan Visi Emas tahun 2045 yang telah dicanangkan Pemerintah RI, saya berharap pengalaman dan pendidikan Pramuka Indonesia, termasuk saat Jambore Dunia di Korsel, akan membuka wawasan dan menyiapkan adik-adik menjadi para pimpinan di berbagai lini tidak hanya di tanah air tetapi juga di lingkup internasional. Jambore Dunia merupakan kesempatan bagi adik-adik mengembangkan networking dan persahabatan dengan warga negara lain. A dream will remain a dream unless you implement it. Remember to stay humble and aim high for your success,” ujar Dubes Gandi Sulistiyanto.

Jambore Dunia 2023 di SaeManGeum akan diikuti oleh lebih dari 43.000 pramuka dari 150 negara yang akan berkumpul dalam berbagai kegiatan di bawah tema besar “Draw Your Dream”. Berbagai kegiatan dan program menarik telah dipersiapkan oleh panitia Jambore Dunia, termasuk program 4S dan ACT (Scouting for Life, Smart and Scientific, Safe and Secured, dan Sustainability and also Adventure, Culture, and Tradition).

Ketua Kontingen dari gelombang kedua kedatangan pramuka Indonesia pada Jambore Dunia 2023 adalah Duta Besar Ahmad Rusdi, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Kwartir Nasional/Ketua Komisi Kerjasama Dalam dan Luar Negeri. Waket Kwarnas Rusdi memberikan pesan agar para pramuka Indonesia menjaga nama baik bangsa dan turut hadir Michael Sou, Honorary World Scout Ambassador.

Sebelum berangkat ke Korea Selatan, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso, telah melakukan kunjungan ke Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2023 untuk melaporkan sejumlah acara yang akan diikuti Kwarnas, termasuk Jambore Dunia.

Pramuka Indonesia menampilkan semangat dan semaraknya dalam Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan ini, sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi bangsa Indonesia dalam ajang internasional ini. Semoga melalui kegiatan ini, para pramuka Indonesia dapat mempererat persahabatan dan kebersamaan dengan rekan-rekan pramuka dari berbagai negara. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>