3534 Napi Dapat Remisi, Al Haris: Bukti Negara tak Hanya Berikan hukuman


alt="gubernur Jambi berikan remisi ke narapidana"
Gubernur Jambi saat menyampaikan pemberian remisi bagi 3534 Narapidana .

AKTUALITAS.ID – Di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Gubernur Jambi Al Haris, menyampaikan pemberian remisi bagi warga binaan potongan hukuman sebanyak 3513 orang dan remisi langsung bebas 20 orang dengan total yang mendapatkan remisi 3.534 orang.

Dalam kesempatan tersebut Al Haris menyampaikan pemberian remisi bagi warga binaan tersebut, merupakan bukti negara hadir untuk memberikan pembinaan kepada seluruh warga binaan, pembinaan mental dan pendampingan pemberian keterampilan (skill).

“Negara memberikan Remisi dan perhatian dan perlindungan kepada semua warga negara dalam segala sektor, termasuk kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan. Hal ini merupakan bukti bahwa negara hadir untuk tidak sekedar memberikan hukuman, tetapi juga untuk memberikan pembinaan kepada seluruh warga binaan, pembinaan mental dan pendampingan pemberian keterampilan,” ujar Al Haris. saat Penyerahan Remisi yang berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jambi, Kamis (17/08/2023) siang.

Menurutnya, remisi diberikan negara sebagai bentuk penghargaan bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat berkelakuan baik dalam menjalani masa hukuman. Untuk itu dirinya berharap bagi narapidana yang mendapatkan remisi langsung bebas, tidak mengulagi lagi kesalahan yang pernah dilakukan.

“Pemerintah memberikan Remisi kepada warga binaan yang sudah menjalani hukuman dengan baik, tadi juga ada yang bebas. Kita harap mereka kembali ke masyarakat tidak mengulangi lagi kesalahannya,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pemerintah memberikan apresiasi pengurangan masa hukuman bentuk pemerintah memberikan apresiasi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan serta telah memenuhi syarat substantif dan administrastif sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Setelah selesai menjalani masa pembinaan nantinya, insya Allah bapak, ibu, saudara dan saudari semua akan siap secara mental untuk berbaur kembali dengan masyarakat. Jangan putus asa bapak, ibu, saudara dan saudari, semua bisa memulai kehidupan yang baru dengan baik, sepanjang didasari dengan niat dan upaya yang baik” pungkas Gubernur Al Haris. [Muslami Effendi/Eki]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>