Ketua Paguyuban Kimangculo: Merawat Pencak Silat Sama Dengan Merawat Budaya Bangsa


AKTUALITAS.ID – Pencak silat adalah seni beladiri asli Indonesia. Ketika kita merawat, menjaga, dan melestarikan serta memajukan pencak silat, itu sama dengan kita merawat budaya bangsa kita sendiri. Demikian dikatakan ketua paguyuban Kimangculo Yana Mulyana, saat memberikan kata sambutannya di acara gelar seni budaya di taman ekspresi sempur, Bogor tengah kota Bogor. Minggu, (24/9/23).

Gelaran Seni budaya yang dimulai pukul 08.00-11.30 wib tersebut melibatkan ratusan para pesilat dari 10 (sepuluh) Perguruan silat, dan 2 (dua) sanggar tari yang ada di kota Bogor. Turut mewarnai acara, grup musik Karinding celempung Sakajiwa Katulistiwa. Acara yang di buka langsung oleh wakil wali kota Bogor Drs. H. Dedie A Rachim M.A tersebut berlangsung semarak dan meriah.

“Saya atas nama ketua paguyuban Kimangculo, sekaligus panitia penyelenggara mengucapkan Terima kasih banyak atas kehadiran wakil wali kota Bogor bapak Dedie A Rachim dan jajaran, panitia acara, dan semua pihak yang telah membantu sehingga acara gelaran seni budaya ini bisa terlaksana,” Kata Yana Mulyana, di sela acara.

Tampak hadir dan ikut menyaksikan langsung jalannya acara, ‘bapak pencak silat Dunia’ Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya, ketua IPSI kota Bogor, Drh. H. Subono Widoyoko, ketua PPSI, Kabid kebudayaan Dian Heryawan, ketua Perguruan silat, dan tamu undangan lainnya.

Di tempat yang sama, panitia acara Agung Nurohmat mengatakan gelaran acara tersebut adalah sebuah ajang melestarikan seni budaya, dan event tahunan paguyuban Kimangculo, pihaknya berharap ke depannya bisa banyak generasi muda yang lebih mencintai seni dan budaya, khususnya pencak silat dan tari.

“Ini lebih ke silaturahmi Kimangculo, alhamdulillah berjalan lancar meskipun meskipun dengan proses yang sangat luar biasa, di buka langsung oleh wali kota Bogor Drs. H. Dedie A Rachim, dan hadir sejumlah tokoh, salah satunya presiden pencak silat Dunia Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya,” Ujar Agung Nurohmat yang juga merupakan ketua Sabda Sunda kota Bogor.

Gelaran seni tradisi tersebut juga mendapatkan apresiasi dari warga masyarakat Bogor, itu terlihat dari antusias warga yang ikut menyaksikan langsung acara. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>