Peringati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78, Menteri ESDM Sampaikan Hal Ini


AKTUALITAS.ID – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi (PE) ke-78, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan seremonial upacara yang dilakukan di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Senin (2/10).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa di Hari Ulang Tahun (HUT) PE yang ke-78 ini, Kementerian ESDM terus berkomitmen terhadap program-program yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

“Program tersebut meliputi Pembangunan Pipa Cisem Tahap I Ruas Semarang-Batang, Konverter kit untuk nelayan dan petani, PJU-TS, Alat penyalur Daya Listrik (APDAL), Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL), revitalisasi Pembangkit-pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), serta konversi kendaraan listrik,” terang Arifin saat menjadi pemimpin upacara HUT PE.

Arifin juga menyebutkan bahwa Kementerian ESDM bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan global, sehingga kebijakan-kebijakan sektor ESDM mengimbangi yang terjadi di global tersebut, dengan mengembangkan EBT hingga penerapan kendaraan listrik, serta pengembangan mineral kritis, baik dari sisi eksplorasi maupun teknologi pengolahannya dalam mendukung era transisi energi.

“Dalam mendukung transisi energi, pemerintah telah menyusun roadmap transisi energi untuk mengejar Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Arifin menyampaikan, meskipun energi hijau menjadi energi yang akan dikebut di seluruh dunia, namun hal itu tidak akan mengenyampingkan peran dari energi fosil di Indonesia, karena minyak bumi masih sebagai energi utama untuk transportasi sebelum digantikan dengan kendaraan listrik.

Sedangkan gas bumi, imbuhnya, dimanfaatkan sebagai energi transisi sebelum tercapainya 100% pembangkit listrik EBT. “Batubara diarahkan melalui program hilirisasi seperti gasifikasi batubara dan penerapan clean coal technology untuk pembangkit,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam upacara Hari Jadi Pertambangan ke-78 tersebut, Menteri ESDM memberikan penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2023, untuk mengetahui penerima penghargaan Dharma Karya ESDM, dapat diakses disini . (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>