Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Jalin Kolaborasi Aktivitas Akademik dengan School of Medicine Osaka University


AKTUALITAS.ID – Dalam upaya membangun kerja sama dan kolaborasi di bidang akademik, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK UNAND) telah menandatangani Agreement on Academic Exchange dengan School of Medicine Osaka University di Osaka University Suita Campus (24/10).

Kesepakatan ditandatangani oleh Dekan FK UNAND, Prof. Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO., MA., dan Dean of Divison of Health Science, School of Medicine Osaka University, Dr. Kei Kamide, disaksikan oleh Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Osaka, Anak Agung Ngurah Andy Laksmana.

“Selamat atas disepakatinya kerja sama academic exchange antara kedua institusi yang merupakan salah satu implementasi nyata dari eratnya hubungan Indonesia dan Jepang yang telah memasuki usia 65 tahun dan kemitraan komprehensif yang strategis dengan berbagai kolaborasi konkret yang saling menguntungkan antara kedua negara”, sambut Bapak Andy Laksmana mewakili KJRI Osaka.

“Kami sangat antusias dan menyambut baik kesepakatan kerja sama dengan Universitas Andalas. Kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menawarkan jawaban atas tantangan-tantangan di bidang kesehatan yang dihadapi oleh Jepang dan Indonesia”, ungkap Prof. Mai Kabayama, Director of International Exchange Center Osaka University.

Senada dengan Prof. Mai Kabayama, Dr. Kei Kamide juga menyampaikan harapan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Andalas dapat memfasilitasi pertukaran akademik, kerja sama penelitian, dan saling berbagi informasi di bidang kedokteran, kebidanan, dan bidang lain yang menjadi ketertarikan kedua institusi. Dekan FK UNAND berharap kesepakatan tersebut dapat menjadi katalisator kolaborasi riset serta terbukanya akses yang lebih luas bagi pertukaran pelajar, pendidik, dan peneliti FK UNAND dengan School of Medicine Osaka University.

Kesepakatan ini meliputi kolaborasi aktivitas akademik, seperti perkuliahan, penelitian; pertukaran informasi dan materi pembelajaran di bidang kedokteran, kebidanan, dan kesehatan perempuan, ibu, dan anak serta bidang lainnya yang menjadi fokus kedua institusi; dan pertukaran pelajar dan peneliti antara kedua universitas.

Universitas Andalas merupakan perguruan tinggi/institusi pendidikan Indonesia kedua yang menjalin kerja sama dengan School of Medicine Osaka University di tahun 2023. Pada Maret 2023, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III telah melakukan seremoni implementasi Memorandum of Agreement (MoA) dengan School of Medicine Osaka University.

KJRI Osaka berkomitmen mendukung kelancaran implementasi kesepakatan dan mengembangkan kerja sama Indonesia dan Jepang di berbagai bidang. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>