Menang Tipis Atas Korsel, Prancis Pastikan Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17


Pemain Timnas Prancis U-17, Mathis Amougou rayakan gol. (Instagram @)

AKTUALITAS.ID – Tim nasional (timnas) Prancis U-17 2023 sukses menuntaskan perlawanan timnas Korea Selatan U-17 dalam laga kedua fase grup E Piala Dunia U-17 2023, Rabu (15/11/2023). Prancis menang 1-0, sekaligus memastikan tiket ke 16 besar.

Dalam laga yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) itu, Prancis yang mengusung formasi 4-1-2-3 tampil menekan sejak awal laga. Skuad besutan Jean-Luc Vannuchi itu langsung unggul saat pertandingan baru berjalan 2 menit.

Berawal dari situasi sepak pojok, Ismael Bouneb yang melihat Mathis Amougou bebas tanpa pengawalan di luar kotak penalti, mengirimkan umpan mendatar yang mengarah tepat ke kaki Amogou. 

Amogou yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang menembus ke sudut kanan atas kiper Korea Selatan Hon Sung-min.

Setelah unggul cepat, intensitas permainan kedua tim makin meningkat. Meski demikian, upaya Korea Selatan untuk mencari gol penyeimbang selalu terhalang kokohnya lini pertahanan Prancis. Akibatnya, Korea gagal mencetak tembakan berarti.

Peluang terbaik Korea terjadi pada menit ke-40, setelah Kim Myung-jun sukses menerima umpan terobosan di dalam kotak penalti, dan behadapan satu lawan satu dengan kiper Prancis Mathys Niflore. Dengan cekatan, kiper binaan klub Ligue 1 Toulouse itu maju menutup ruang tembak Kim, meski keduanya harus berbenturan.

Saling serang juga terjadi di babak kedua. Pada menit ke-57, Jin Tae-ho nyaris menyamakan keadaaan, sayangnya bola hasil tendangan voli dari dalam kotak penalti yang dilepaskannya masih membentur mistar gawang Prancis.

Selang semenit, Prancis melakukan serangan balik dengan Mathis Lambourde berhasil merangsek masuk kotak penalti Korea. Sayangnya, tembakan kaki kirinya masih melebar jauh dari gawang.

Menit ke-68, tembakan dari luar kotak penalti Yang Min-hyuk juga masih mampu diantisiapsi oleh kiper Prancis.

Tidak ada gol lainnya yang tercipta dalam laga hingga peluit panjang dibunyikan. 

Dengan hasil ini, Prancis memuncaki klasemen Grup E dengan enam poin dari dua pertandingan. Mereka unggul selisih gol atas Amerika Serikat yang ada di posisi kedua.

Sementara itu, Korea Selatan dan Burkina Faso belum mendapat poin. Dengan demikian, Prancis dan AS dipastikan lolos ke fase knockout.

Prancis dan AS selanjutnya akan bertarung untuk memperebutkan posisi juara Grup E Piala Dunia U-17 2023. Laga AS U-17 vs Prancis U-17 akan digelar di Jakarta International Stadium, Sabtu (18/11) malam WIB.

Susunan Pemain

Prancis U-17: Mathys Niflore, Yvann Titi (Yoram Zague 90′), Bastien Meupiyou, Joachim Kayi Sanda, Aymen Sadi, Saimon Bouabre (Nolan Ferro 77′), Ismail Bouneb (Fode Sylla 68′), Mathis Amougou, Mathias Lambourde (Joan Tincres 68′), Tidiam Gomis (Yanis Issoufou 68′), Tidiane Diallo

Korea Selatan U-17: Hong Seongmin, Kang Minwoo, You Minjun (Kim Yugeon 73′), Bae Seongho (Lee Changwoo 62′), Seo Jeonghyeok (Lee Suro 46′), Back Inwoo, Jin Taeho, Lim Hyunsub (Cha Jehoon 62′), Yoon Doyong (Kim Hyunmin 74′), Kim Myeongjun, Yang Minhyeok.    (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>