Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Maruli Simanjuntak Jadi KSAD


Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru yakni Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Sekretariat Kabinet)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru yakni Maruli Simanjuntak. Upacara pengangkatan dilakukan dengan pengucapan sumpah jabatan.

Dalam acara pelantikan yang dilakukan di Istana Negara, Rabu (29/11/2023) itu juga dihadiri beberapa menteri seperti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan lainnya.

Dipandu oleh Presiden Jokowi, Jenderal Maruli Simanjuntak mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Maruli.

Dengan pelantikan ini Maruli mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI.

Diketahui Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Selain itu Menantu dari Menanti Menkomarves Luhut ini juga pernah menjadi anggota Kopasus dari Detasemen Tempur Cakra.

Maruli merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992 juga pernah menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta. Melalui masa jabatannya ini ia juga pernah meraih penghargaan Danrem terbaik. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>