Pasar Tanah Baru Bogor Resmi Dibuka, Mendag Zulhas: Jadi Penggerak Roda Perekonomian


Mendag Zulkifli Hasan didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meresmikan Pasar Tanah Baru, di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (29/11/2023). [foto: Humas Kemendag]

AKTUALITAS.ID – Pasar Tanah Baru di Kecamatan Bogor Utara dan Pasar Pamoyanan di Kecamatan Bogor Selatan akhirnya resmi dibuka pada Rabu (29/11/2023). 

Peresmian dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Zulhas berharap, Pasar Tanah Baru yang dibangun dengan anggaran Dana Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2021 senilai Rp4 Miliar bisa menjadi ikon bisnis yang menggerakkan roda perekonomian Kota Bogor.

Karena menurutnya pasar tradisional merupakan jantung perekonomian rakyat. Untuk itu ia berpesan agar pasar rakyat yang sudah dibangun dapat dikelola dan dipelihara dengan baik secara konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat mendukung aktivitas perdagangan dan perekonomian Kota Bogor.

“Pasar Tanah Baru ini dirancang dengan berpedoman pada SNI Pasar Rakyat, sehingga diharapkan dapat menciptakan pasar rakyat yang bersih, aman, dan nyaman bagi pengunjung yang pada akhirnya dapat meningkatkan transaksi perdagangan,” ucapnya.

Pasar Rakyat Tanah Baru dapat menampung 140 pedagang, yang terdiri atas 14 unit kios dan 126 unit los. Adapun komoditas yang dijual di antaranya barang kebutuhan pokok, sayuran, kuliner, dan pakaian.

Bima Arya menambahkan, Pemerintah Kota Bogor tengah menata beberapa pasar rakyat yang berada di pusat kota. Pasar tersebut akan dialihkan ke pinggiran untuk mencegah kemacetan dan kekumuhan.

“Pasar di Bogor menjadi salah satu perhatian Presiden Jokowi karena menjadi pusat kemacetan. Untuk itu, pasar akan kami alihkan ke pinggiran kota, salah satunya pasar Tanah Baru ini,” ucapnya.

Peresmian Pasar Tanah Baru turut dihadiri Ketua DPRD Kota Bogor Rudy Susmanto, Sekretaris Daerah Kota Bogor Syarifah Sopiah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dagin Atep Budiman, dan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Muzakkir. Turut mendampingi, Mendag Zulkifli Hasan yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim.  (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>