Jokowi Resmikan Jembatan Otista Kota Bogor, Telan Anggaran Hingga Rp49 Miliar 


Presiden Joko Widodo meresmikan jembatan Otto Iskandardinata kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023). (IST)

AKTUALITAS.ID – Proses pembangunan jembatan Otto Iskandardinata kota Bogor telah selesai, ditandai dengan peresmian oleh Presiden Joko Widodo Selasa (19/12/2023). 

Sebelum diresmikan, Presiden Jokowi lebih dulu meninjau kondisi jembatan yang sudah selesai dibangun. Kepala Negara juga sempat turun ke bawah jembatan untuk meninjau lengkung jembatan yang merupakan pondasi awal jembatan yang merupakan Cagar Budaya.

Presiden mengatakan, seperti yang disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Jembatan Otista ini memiliki problem atau masalah penyempitan sehingga dilakukan pelebaran. 

“Jembatan Otista ini jembatan yang salah satu menjadi problem di Kota Bogor, karena melebar dan menyempit di jembatan ini, sehingga jembatan ini dilebarkan dan kalau kita lihat sekarang sudah lebih dari cukup,” kata presiden.

Usai diresmikan, maka membuka kembali jalur sistem satu arah lingkar istana Kebun Raya Bogor yang Selama pembangunan jembatan Otista menjadi dua arah. 

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya mengatakan pembangunan jembatan Otista ini bukanlah sesuatu yang mudah karena memerlukan spesifikasi khusus karena infrastruktur ini sudah ada sejak tahun 1920. 

Untuk itu pembangunan jembatan Otista yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat yang menelan anggaran Rp 49 miliar menjadi efektif setelah melakukan penyelesaian. 

‘Dengan adanya pembukaan jembatan Otista maka titik keterhambatan di SSA pada ruas tersebut menjadi terhindari dan memaksimalkan arus lalu lintas yang menjadi akses masyarakat beraktivitas,” ujarnya

Bima Arya menyampaikan, perjalanan selama proses pembangunan ulang Jembatan Otista selama 7,5 bulan ini bukan hal mudah, karena warga harus bersabar, bukan saja karena kemacetan akibat dari pengaturan lalu lintas, tapi juga berkurangnya pendapatan.

“Jadi izinkan pada kesempatan ini pemkot mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga atas kesabarannya. Semoga lancarnya jembatan ini membukakan rezeki yang lebih luas lagi bagi seluruh warga. Kedua secara khusus kami menyampaikan apresiasi kepada Bapak Kapolres dan Pak Dandim serta jajaran Forkopimda karena tidak mungkin tanpa kolaborasi jembatan ini bisa selesai, pengaturan lalu lintasnya luar biasa, bagaimana me-manage traffick-nya luar biasa. Jadi izinkan kami mengapresiasi kerja keras Pak Dandenpom semua sehingga bisa tuntas,” tuturnya.

Terakhir, Bima Arya juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas berbagai infrastruktur yang dibangun, Bima Arya yang akan menyelesaikan tugas sebagai Wali Kota Bogor pun berpamitan kepada Presiden Jokowi. 

“Kami pamit, mohon maaf apabila hal yang tidak berkenan dalam mengkoordinasikan kegiatan pemerintahan, mudah-mudahan penggantinya nanti jauh lebih baik lagi dan semoga Pak Jokowi sehat selalu,” tuturnya.

Dalam peresmian Jembatan Otista, Jokowi didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin serta Ridwan Kamil.  (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>