9 Keutamaan Surah Yasin, Amalkan Secara Rutin Setiap Hari 


Ilustrasi. Keutamaan surah Yasin (IST)

AKTUALITAS.ID – Surah Yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran terletak di Juz 22 dan 23 dengan jumlah 83 ayat.

Surah Yasin masuk dalam golongan Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun ada beberapa versi mengenai arti Yasin dari ulama. 

Surah Yasin merupakan kalbunya Alquran. Orang yang membaca Surat Yasin setiap hari baik itu setelah subuh, siang, sore maupun malam hari akan mendapat pahala dengan seperti ganjaran membaca Alquran 10 kali.

Membaca surah Yasin memiliki banyak keutamaan, terlebih lagi dibaca atau diamalkan secara rutin. 

Berikut ini sembilan keutamaan surah Yasin.

1. Hadiah untuk orang yang meninggal dunia

Salah satu keutamaan surah Yasin, yaitu sebagai doa dan hadiah untuk orang yang sudah meninggal dunia. Menurut Sayyidah Aisyah, setiap amal dan perbuatan yang dimaksudkan untuk dihadiahkan kepada orang yang sudah meninggal akan sampai. Rasulullah SAW bersabda:

“,Seorang laki-laki berkata kepada Nabi, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia secara mendadak dan belum berwasiat sesuatu pun, dan aku menduga seandainya dia sempat berbicara (ketika masih hidup) dia akan bersedekah, Apakah dia akan memperoleh pahala jika aku bersedekah untuknya (atas namanya)?’. Beliau menjawab: Ya,” (HR Bukhari nomor 1388).

2. Membuka pintu rezeki

Selain sebagai hadiah untuk orang yang sudah meninggal dunia, surah Yasin juga dijadikan sebagai salah satu ikhtiar membuka pintu rezeki. Hal  ini diterangkan dalam kitab Sunaan Daarimi juz 2 halaman 549:

“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan Daarimi juz 2 hal. 549).

3. Mendapatkan berkah dan dikabulkan doa

Keutamaan surah Yasin juga menghadirkan keberkahan di dalam kehidupan. Mendapatkan rezeki tentu saja tidak cukup, apabila  tidak mendapatkan keberkahannya.

Maka dari itu, Imam Ad-Daarimi membenarkan anjuran untuk beramal saleh dengan membaca surah Yasin agar rezeki yang diperoleh mendapat keberkahan dari Allah SWT.

4. Hati menjadi tenang

Rutinitas membaca Al-Qur’an bisa mendapatkan ketenangan dan kedamaian hati. Begitu pula membaca surah Yasin setiap hari. Menurut Allah SWT berfirman, dalam surah Ar-Rad:

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. 

5. Dimudahkan ketika sakaratul maut

Keutamaan surah Yasin juga bisa mempermudah ketika sakaratul maut tiba, seperti yang dijelaskan dalam tafsir Al-Qur’an Al-Azhim.

“Membaca surah Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (tafsir Al-Qur’an Al-Azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

“Disunnahkan membaca surah Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al–Majmu’syaih Al-Muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab).

6. Meringankan siksa kubur

Keutamaan  membaca surah Yasin selanjutnya, yaitu dapat meringankan siksa kubur bagi orang yang sudah meninggal. Diriwayatkan Anas Ra yang dituliskan dalam kitab At Tadzkirah karya Imam Qurthubi

مَنْ دَخَلَ المْقَابِر وَقَرَأَ سُوْرَةَ يَس خَفَّفَ عَنْهُمْ يَوْمَئِذٍ وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيْهَا حَسَنَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa yang mendatangi makam lalu membaca surah Yasin, maka pada hari itu Allah meringankan siksaan mereka, dan bagi yang membacanya mendapat kebaikan sejumlah penghuni kubur di makam itu”.

7. Mati syahid

Keutamaan surah Yasin dibaca secara rutin, yaitu bahwa akan dengan mati syahid atau husnu khatimah

Menurut Ath-Thabrani dari hadits Anas, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membiasakan diri membaca surah Yasin setiap malam sampai meninggal, maka dia meninggal dalam keadaan syahid’.

8. Memperoleh ampunan dari Allah SWT

Keutamaan membaca surah Yasin juga akan ampunan dari Allah SWT. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani dan Al-Baihaqi, seperti yang pernah dikatakan Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW bersabda.

“Siapa yang membaca (surah) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya.”

9. Diampuni segala dosa

Dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh At-Thabrani dan Al-Baihaqi, seperti yang pernah dikatakan Abu Hurairah Ra. Rasulullah bersabda,

“Siapa yang membaca (surah) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah SWT, maka diampuni akan dosa-dosanya”.  Wallahu alam. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>