Bandara Dhoho Kediri Secara Komersial Beroperasi Awal 2024


Proyek Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur - (Dok. Wika Gedung)

AKTUALITAS.ID – Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jawa Timur rencananya beroperasi secara komersial pada awal 2024. Sekjen Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengungkapkan, saat ini Kemenhub sudah menerima permohonan penerbangan melalui Bandara Dhoho.

“Data yang masuk terakhir adalah Super Air Jet yang akan mengawali operasi di sana dan ditargetkan tidak terlalu lama,” kata Novie dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub 2023 di Gedung Kemenhub, Rabu (20/12/2023).

Novie menjelaskan, saat ini PT Angkasa Pura (AP) I sebagai pengelola Bandara Dhoho juga tengah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai internasional. Hal tersebut berkaitan dengan rencana penerbangan haji dan umrah di Bandara Dhoho.

“Kemudian pihak Dhoho bersama Angkasa Pura I juga sedang berkoordinasi dengan berbagai penerbangan internasional, khususnya untuk melayani haji dan umroh. Hal itu mengingat kapasitas bandara tersebut yang tidak ada batasan,” ujarnya.  

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sudah pernah mengatakan Bandara Dhoho sudah memiliki fasilitas penunjang seperti, hotel dan fasilitas lainnya. Bahkan sangat potensial untuk melayani penerbangan umroh dan haji.

Bandara Dhoho jelas Menhub Budi Karya, merupakan proyek pembangunan milik PT Surya Dhoho Investama (SDHI), anak usaha dari PT Gudang Garam. Penguasa pasar rokok nusantara itu telah berinvestasi untuk membangun Bandara Dhoho Kediri mencapai Rp 13 triliun. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>