Bandara Dhoho Rencananya Bakal Beroperasi Komersil 15 Januari 2024


Proyek Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur - (Dok. Wika Gedung)

AKTUALITAS.ID – Bandara Dhoho Kediri menurut rencana akan mulai beroperasi pada 15 Januari 2024 mendatang. Hal itu diungkapkan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di sela meninjau persiapan gerai UMKM yang ada di bandara tersebut.

Bupati muda yang akrab disapa Mas Dhito tersebut mengungkapkan dalam kurun 10 hari ke depan bandara yang berada di lereng Gunung Wilis ini sudah bisa beroperasi secara komersil. 

“Kalau tidak ada perubahan jadwal, semoga bandara bisa beroperasi pada 15 Januari,” tuturnya, Kamis (4/1/2024). 

Mas Dhito mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut rencana beroperasinya bandara tersebut. Sejumlah persiapan dilakukan seperti pendirian stand khusus bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di lokasi bandara.

Menurut dia, bandara ini bukan hanya dimiliki Kabupaten Kediri, tetapi juga menjadi pemilik masyarakat seluruh Jawa Timur. Maka dalam pembangunan Bandara ini, pihaknya akan berkomunikasi dengan gubernur terkait daerah lain yang akan mengisi gerai UMKM.

“Kita akan mengajak kota atau kabupaten lain untuk memasukkan produk yang sudah dikurasi yang betul-betul bisa dinikmati pengunjung Bandara Dhoho,” terangnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan ada sejumlah tahapan dan assessment yang harus dilalui Bandara Dhoho Kediri sebelum benar-benar beroperasi.

Mulai dari kalibrasi, security safety, komersial serta sejumlah tahapan lain yang harus mendapatkan assessment lebih dulu. Selain itu juga akan dilakukan sejumlah tes menggunakan sejumlah pesawat sebelum bandara tersebut benar-benar siap untuk beroperasi penuh. 

“Lalu kita tetapkan operation-nya itu setelah syarat-syarat selesai. Insya Allah bisa Januari atau Februari (beroperasi),” ujarnya. 

Menteri Perhubungan menambahkan setelah dilakukan assessment, akan muncul rekomendasi. Dari rekomendasi itu, nantinya maskapai akan membuka penerbangan dan memasarkan. 

“Peresmian itu seyogyanya setelah dijumpai sejumlah penumpang. Itu kenapa kami katakan peresmian bisa dilakukan akhir Januari ataupun Februari,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>