Tabrakan Pesawat Penjaga Pantai dengan Japan Airlines, 5 Orang Tewas dan 379 Selamat


Pesawat Japan Airlines yang terbakar. IST)

AKTUALITAS.ID – Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida menyampaikan ucapan duka cita mendalam atas tewasnya lima dari enam awak pesawat penjaga pantai MA-722, dalam musibah tabrakan dengan pesawat Japan Airlines di landasan pacu Bandara Haneda, Tokyo, Selasa (2/1/2024) petang.

Badan Penyiaran Umum Jepang NHK menyebut, kapten pesawat berlari menyelamatkan diri. Namun, terluka parah. Kondisinya kritis.

Pesawat penjaga pantai MA-722 dijadwalkan terbang ke Prefektur Niigata, untuk mengupayakan bantuan bagi korban gempa M7,6 yang mengguncang Jepang pada 1 Januari 2024.

Rekaman video yang ditayangkan NHK memperlihatkan, api keluar dari jendela pesawat Japan Airlines, usai tabrakan dengan pesawat penjaga pantai.

Pesawat itu dilumat si jago merah pada pukul 18:30 waktu setempat.

Akibat peristiwa ini, pesawat Japan Airlines terbakar hebat di landasan pacu C Bandara Haneda. Namun 379 orang, yang terdiri dari penumpang dan awak pesawat dilaporkan selamat.

Kantor Kementerian Transportasi Jepang mengumumkan tewasnya lima penjaga pantai tersebut. Stasiun penyiaran negara NHK juga melaporkan dari enam orang di pesawat tersebut, kapten pesawat berhasil melarikan diri tetapi terluka parah. (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>