5 Keajaiban Surah Al-Fatihah dalam Al-Quran


5 Keajaiban Surah Al-Fatihah dalam Al-Quran . (Pixabay)

AKTUALITAS.ID – Surat Al-Fatihah adalah surat yang paling mulia dalam Al Quran. Al-Fatihah merupakan surat yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap diantara surat-surat yang ada dalam Al Quran. 

Surat ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), juga dinamakan Ummul Qur’an (Induk Al-Quran) atau Ummul Kitab (Induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran.

Keajaiban surah Al-Fatihah tidak bisa dipungkiri oleh siapapun. Surah ini memiliki banyak keutamaan bagi manusia.

Keajaiban surah Al-Fatihah tidak hanya diakui oleh para ulama. Tetapi juga para tenaga kesehatan saat menyembuhkan pasiennya.

Berikut ini adalah 5 di antara keajaiban surah Al-Fatihah yang ada dalam Al-Quran, Anda patur membaca dan merenungkan sampai selesai;

1. Surah Pembuka

Al-Fatihah secara bahasa adalah pembuka. Para ulama menyebut hal ini karena surah Al-Fatihah menjadi pembuka bagi setiap shalat, surat Al-Fatihah adalah bagian wajib yang harus dibaca. Ini menandakan bahwa Surat Al-Fatihah adalah bacaan untuk memulai doa dan ibadah. Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca Al-Fatihah dalam shalatnya.”

2. Cahaya Allah yang hanya diberikan kepada Rasulullah 

sebagaimana mengutip dalam kisah Ibnu Abbas yang berkata “Ketika Jibril duduk di samping Nabi terdengar suara pintu dibuka dari atas kemudian beliau menengadah dan bersabda, “Ini adalah pintu langit yang hari ini dibuka dan belum pernah dibuka kecuali hari ini.”

Lalu, turun sesosok malaikat lalu beliau bersabda, “Ini adalah malaikat yang diturunkan ke bumi yang belum pernah diturunkan kecuali hari ini” . Malaikat tersebut lalu mengucap salam dan berkata, “Aku kabarkan dua cahaya yang belum pernah diberikan kepada Nabi sebelummu, yaitu surah Al-Fatihah dan penutup surah Al-Baqarah. Tidak ada satu huruf pun darinya yang dibaca (ketika berdoa) kecuali diberikan (dikabulkan).” (HR. Muslim)

3. Sebagai Penyembuh

Surat Al-Fatihah memiliki keistimwaan sebagai penyembuh. Hal ini karena surat Al-Fatihah dikenal juga sebagai “syifa”, seperti yang disebutkan dalam riwayat Ad-Darimi melalui Abu Sa’id secara marfu, yaitu “Fatihatul Kitab (Surat Al-Fatihah) merupakan obat penawar bagi segala jenis racun”. 

Adapula Kisah yang diriwayatkan Ibnu Abbas, ada salah satu kaum yang terkena sengatan binatang di dekat mata air. Atas kepanikan tersebut, datanglah salah satu sahabat untuk meruqyah dengan membacakan Al-Fatihah yang pada akhirnya sembuh.

4. Berisi doa terbaik 

Surat Al-Fatihah berisi doa dan pujian kepada Allah. Ini adalah permohonan kepada Allah untuk petunjuk, kebijaksanaan, dan kebaikan. Dalam surat ini, kita juga memuji Allah sebagai Tuhan semesta alam, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Bahkan, ada doa terbaik yang kita pinta yaitu memohon pertolongan Allah dan menunjukan jalan yang lurus, jalan orang-orang yang Allah beri nikmat

5. Sebagai pelindung 

Surat Al-Fatihah mengandung permohonan agar dijauhkan dari kesesatan. Selain itu, surat Al-Fatihah juga dapat digunakan untuk ruqyah. Sebagaimana kisah dari Abu Sa’id Al Khudri .

“Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al Fatihah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al Fatihah adalah ruqyah (artinya: bisa digunakan untuk meruqyah, -pen)?” Beliau pun bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian.” (HR. Bukhari no. 5736 dan Muslim no. 2201).

Wallahu A’lam.  (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>