Evakuasi Tuntas, Basarnas Laporkan 4 Korban Tewas dan 34 Selamat dalam Kecelakaan KA di Cicalengka


Proses evakuasi rangkaian Kereta Turangga dan Kereta Commuterline Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024). (Foto: Antara)

AKTUALITAS.ID – Seluruh korban kecelakaan kereta api di Bandung tuntas dievakuasi. Praktis, operasi SAR ditutup. Seperti diketahui, dua kereta api komersial yakni KA Turangga jurusan Bandung-Surabaya bertabrakan dengan KA lokal Bandung relase Padalarang-Cicalengka di jalur petak Stasiun Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat sekitar pukul 06.03 WIB. 

Badan Search And Rescue Nasional (BASARNAS) Bandung menyampaikan, seluruh korban kecelakaan tabrakan dua kereta api (KA) di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sudah tuntas dievakuasi dengan jumlah korban jiwa sebanyak 4 orang dan korban selamat 34 orang yang semua korban sudah dibawa ke rumah sakit. 

Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika mengatakan, proses evakuasi korban tabrakan KA Turangga relase Surabaya-Bandung dengan KA Commuter Line Bandung Raya berlangsung sesaat setelah kejadian pukul 06.00 WIB dan selesai sekitar pukul 17.30 WIB.

“Dengan telah dievakuasinya seluruh korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai,” kata Hery dikutip Sabtu, 6 Januari 2024.

Evakuasi ini melibatkan berbagai instansi, termasuk jajaran Basarnas Bandung dan PT KAI.

Korban yang meninggal dunia telah dibawa ke RSUD Cicalengka.

Mereka termasuk Julian Dwi, masinis KA Commuter Line Bandung Raya, yang dievakuasi pertama kali sekitar pukul 08.00 WIB, diikuti oleh Ponisam, asisten masinis, yang dievakuasi sekitar pukul 09.50 WIB. Korban lainnya adalah Andriansyah dan Enjang Yudi, seorang Polsuska.

Para korban selamat ditangani di berbagai rumah sakit, termasuk RS AMC Cileunyi, RSUD Cicalengka, RSU Edelweis Bandung, dan RSU Santosa Bandung. 

Setelah evakuasi tuntas, Hery mengumumkan penutupan resmi Operasi SAR untuk insiden ini dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses evakuasi. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>