Gandeng UBB, Pemkab Bangka Bakal Bangun Kampus Baru 


Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman . (Antara)

AKTUALITAS ID – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjalin kerja sama dengan pihak Universitas Bangka Belitung (UBB) untuk membangun kampus baru di daerah setempat.

“Kita sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan UBB untuk membangun kampus baru di lahan bekas kantor PT Koba Tin,” kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Selasa (16/1).

Ia mengatakan pembangunan kampus atau universitas sudah direncanakan sejak lama sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memajukan dunia pendidikan.

“Kita sudah berdiskusi dengan pihak UBB dan tinggal pematangan kedua belah pihak, terutama terkait perencanaan dan skema,” ujarnya.

Algafry berharap di Kota Koba ada kampus yang dapat menampung tamatan SMA atau sederajat ke jenjang pendidikan lebih tinggi dengan lokasi yang tidak jauh dari rumah.

“Ini kampus pertama kita bangun jika nanti bisa direalisasikan, sehingga anak Bangka Tengah tidak perlu jauh ke Pangkalpinang untuk kuliah,” tuturnya.

Ia berharap pada 2025 dapat dukungan pengesahan anggaran dari DPRD untuk mendukung tahapan dari program ini.

“Tentu saja dukungan secara teknis kita butuhkan dari pihak UBB, terutama terkait skema pembangunan dan program studi,” ujarnya.

Bupati belum bisa memastikan jurusan apa saja yang akan dibuka, namun yang pasti disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan dan terkoneksi dengan dunia kerja.

“Banyak pelajar daerah ini memilih kuliah di luar daerah karena tidak ada perguruan tinggi, maka kita bangun untuk menjawab banyaknya lulusan SMA atau sederajat yang berminat melanjutkan pendidikan,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>