Indonesia Kalah 0-4 dari Australia, Terhenti di Babak 16 Besar Piala Asia 2023


Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia di Piala Asia 2023. (REUTERS)

AKTUALITAS.ID – Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia dan tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1)

Gol-gol ke gawang Indonesia dicetak melalui bunuh diri Elkan Baggott, sundulan Martin Boyle, tembakan Craig Goodwin, dan sundulan Harry Souttar.

Dengan kekalahan ini, skuad Garuda tidak dapat melanjutkan perjalanan mereka di Piala Asia 2023. Sebelumnya, Indonesia sudah mencatatkan dua kekalahan dan satu kemenangan di fase grup turnamen tersebut. 

Jalan Pertandingan Australia vs Indonesia 

Indonesia hampir mencetak gol pada menit kelima saat umpan silang dari Justin Hubner disontek oleh Rafael Struick, tetapi bola sedikit melambung di atas gawang.

Australia berhasil unggul 1-0 pada menit ke-12 ketika tembakan Jackson Irvine mengalihkan arah dan masuk ke sudut gawang setelah menyentuh kaki Elkan Baggott, membuat Ernando Ari tidak dapat menepis bola.

Dalam pertandingan ini, Indonesia terlihat sangat sabar dan bahkan berani mencoba menguasai penguasaan bola tanpa sering melakukan umpan-umpan panjang.

Australia tidak berhasil menciptakan ancaman lebih lanjut kepada Indonesia selain gol sebelumnya. Sebaliknya, Indonesia beberapa kali membuat Australia kesulitan.

Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-45 ketika umpan silang Gethin Jones ke tiang jauh disundul oleh Martin Boyle. Dengan gol tersebut, Australia memimpin 2-0 hingga jeda pertandingan.

Selama 10 menit pertama babak kedua, Indonesia masih menghadapi kesulitan dalam mencari peluang untuk mengancam Australia. Beberapa upaya yang dilakukan oleh Indonesia terhenti sebelum mencapai kotak penalti lawan.

Gawang Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-88 ketika Craig Goodwin memanfaatkan bola rebound untuk mengubah skor menjadi 3-0 bagi Australia.

Penderitaan Indonesia semakin bertambah pada waktu injury time. Harry Souttar mencetak gol melalui sundulannya, membawa kemenangan 4-0 untuk Australia dan pada saat yang bersamaan mengeliminasi Indonesia dari turnamen. (YAN KUSUMA/RAFI)

Susunan Pemain:

Australia: Mathew Ryan; Kyle Rwles, Jordan Bos, Harry Souttar, Gethin Jones, Aziz Behich; Riley McGree, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli.

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott,Shayne Pattynama;Yakob Sayuri,Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan;Rafael Struick.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>