Keutamaan Membaca Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil, Disunnahkan Pagi dan Sore


Ilustrasi zikir . (ist)

AKTUALITAS.ID – Dilihat dari kebahasaannya, zikir dapat berarti mengingat, maka zikir dapat diartikan dengan mengingat Allah SWT. Zikir kemudian menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan kepada seluruh umat muslim.

Zikir sendiri memiliki banyak manfaat dan keutamaan, seperti diberikan pertolongan oleh Allah SWT, dapat lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, hingga merupakan salah satu amalan yang disukai oleh Rasulullah SAW.

Dari sekian banyak bacaan zikir, terdapat satu bacaan yang begitu dahsyat manfaatnya, yaitu bacaan zikir ‘Hasbunallah Wanikmal Wakil’. Kalimat ini memiliki arti; cukuplah Allah sebagai penolong bagiku dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah tayangan video di akun YouTube resminya (Khalid Basalamah Official) mengungkapkan bahwa kalimat ‘Hasbiallah’ merupakan kalimat yang digunakan oleh para sahabat ketika mereka sedang terdesak dan tersebar sebuah berita yang mengatakan bahwa Rasulullah telah wafat dalam perang uhud.

Maka kemudian Allah membalik perasaan khawatir mereka dengan sebuah ketenangan serta kemenangan. Hal ini tertulis dalam surah Ali Imran ayat 173, yang artinya:

“(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”.”

Kemudian, untaian kalimat ini juga digunakan pada saat pasukan muslim ditakut-takuti oleh orang-orang Quraisy dalam perang Hamra’ul Asad. Pada saat itu orang-orang Quraisy mengatakan akan menyerang pasukan muslim dengan 290 sekian pasukan, sehingga pasukan Muslim akan mengalami luka-luka.

Tetapi pasukan Muslim pada saat itu mengatakan ‘Hasbunallah Wanikmal Wakil’ dengan penuh keyakinan. Selain dua kisah itu, kalimat ini juga menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api pada saat ia dibakar hidup-hidup.

Ustadz Khalid Basalamah kemudian juga mengatakah bahwa kalimat ini dapat diucapkan ketika kita tengah memerlukan bantuan Allah SWT.

“Kalo orang berbuat kezaliman, ada kejadian yang tidak kita sukai, ada penyakit yang menimpa, selalu kita mengatakan hasbiallah wanikmal wakil” ujar Ustadz Khalid Basalamah dalam akun YouTube resminya (Khalid Basalamah Official), dikutip pada Jumat (2/2/2024).

Adapun bacaan ini juga disunnahkan untuk dibaca sebanyak tujuh kali pada pagi hari dan tujuh kali pada sore hari.

Dengan demikian berzikir dengan kalimat hasbunallah wanikmal wakil memiliki banyak keutamaan serta dapat dibaca meskipun sedang tidak ditimpa masalah ataupun kejadian-kejadian yang tidak mengenakan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>