Wisata Kota Tua Jakarta Diperkirakan Naik 150 Persen pada Momen Libur Panjang 


Wisata Kota Tua (Dok: Kemenparekraf)

AKTUALITAS.ID – Destinasi wisata yang sarat akan nilai sejarah, yakni Kota Tua Jakarta diproyeksikan mengalami peningkatan jumlah wisatawan di libur panjang akhir pekan atau long weekend.

Koordinator Pemandu Wisata UP Museum Kesejarahan Jakarta Amat Kusaini Al Alexs mengatakan untuk momen libur panjang saat ini, tingkat pengunjung yang datang dipastikan mengalami kenaikan. Hari pertama libur panjang, jumlah pengunjung tercatat mengalami kenaikan dibandingkan jumlah pengunjung di hari biasa maupun akhir pekan.

Menurut dia, kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Tua jika tidak ada libur panjang rata-rata sekitar 1.500 pengunjung dan di akhir pekan bisa mencapai 2.500 pengunjung.

“Untuk hari ini terpantau naik sekitar 2.000 orang dari hari biasa,” kata dia, Kamis (8/2/2024).

Potensi lonjakan pengunjung yang datang ke Kota Tua Jakarta selama beberapa hari ke depan berpeluang mengalami kenaikan meski dari sisi angka belum bisa dipastikan.

“Untuk 3 hari ke depan belum tahu, tetapi diperkirakan dalam libur panjang ini rata-rata pengunjung bisa naik sekitar 150%,” kata pria yang biasa disapa Alex yang juga menjabat sebagai ketua umum Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI).

Dalam pantauan, Kota Tua terlihat wisatawan yang datang dari berbagai tempat di Jabodetabek hingga luar kota berbondong-bondong datang untuk menghabiskan waktu liburnya.

Banyak ragam aktivitas yang dilakukan wisatawan, di antaranya melakukan swafoto di depan museum, ada juga yang menyewa sepeda ontel untuk berkeliling bahkan hanya sekadar jajan hingga makan di sekitar museum.

Tidak hanya itu saja, di dalam Museum Fatahillah, wisatawan juga tampak antusias untuk berkeliling di dalamnya seperti melihat lebih dekat penjara bawah tanah yang menjadi saksi bisu tawanan zaman Belanda. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>