Shalat Qobliyah Subuh: Tata Cara dan Keutamaannya


Ilustrasi. Rukun Iman ada 6, Umar muslim wajib hafal. (iStockphoto)

AKTUALITAS.ID – Sholat subuh mungkin menjadi salah satu ibadah sholat yang sulit dilakukan dengan tepat waktu oleh sebagian umat muslim. Padahal sebelum sholat subuh ada waktu-waktu sholat terbaik yang memiliki banyak keutamaan dan membawa kebaikan bagi yang melakukannya.

Salah satunya sholat sunnah qobliyah subuh atau sholat sunnah fajar. Sholat sunnah ini dilaksanakan sebelum sholat subuh itu sendiri serta dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah.

Dua rakaat sebelum subuh atau shalat qobliyah subuh memiliki keutamaan yang luar biasa. Shalat qobliyah subuh juga menjadi salah satu amalan rutin yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Maka tak heran jika shalat sunnah ini menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Dalam sebuah hadits, dikatakan bahwa keutamaan shalat qobliyah subuh adalah shalat ini lebih baik daripada dunia dan seisinya.

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sunnah fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya” (HR. Muslim. No. 725)

Dari hadis di atas diketahui bahwa shalat qobliyah subuh memiliki keutamaan yang lebih besar dari segala bentuk harta di muka bumi. Seseorang yang mengamalkannya akan diganjar dengan pahala yang melimpah serta balasan yang lebih baik dari dunia dan seisinya.

Selain itu, amalan ini menjadi salah satu amalan yang selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW

Hal ini didasari oleh hadis yang berbunyi:

وَعَنْهَا قَالَتْ: (لَمْ يَكُنِ النَّبيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ تَعَاهُداً مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Artinya: “Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memperhatikan shalat-shalat sunnah melebihi dua rakaat sunnah Fajar.” (Muttafaqun ‘alaih) (HR. Bukhari, no. 1169 dan Muslim, no. 724, 94)

Dari hadis di atas diketahui bahwasanya amalan ini menjadi amalan yang sangat dijaga oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, mengamalkan hingga menjaga amalan ini berarti juga meneladani salah satu kebiasaan baik dari Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan lain dari shalat qobliyah subuh adalah seseorang yang mengamalkannya tidak akan dimasukkan ke dalam neraka. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis yang berbunyi:

“Siapapun yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan shalat sebelum terbenamnya tidak akan masuk neraka” (HR. Muslim).

Adapun cara melaksanakan shalat qobliyah subuh tidak memiliki perbedaan dengan shalat pada umumnya. Shalat sunnah ini juga dimulai dengan membaca niat yang dilanjutkan dengan takbiratul ihram lalu diakhiri dengan salam. Yang membedakan hanyalah bacaan niatnya saja, yaitu sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat mengerjakan sholat Sunnah sebelum Subuh 2 rakaat, menghadap Kiblat karena Allah Ta’ala.”

Demikian mengenai keutamaan dan tata cara shalat sunnah qobliyah subuh. Shalat sunnah qobliyah subuh menjadi salah satu shalat sunnah yang memiliki banyak keutamaan serta menjadi amalan yang dijaga oleh Nabi Muhammad SAW, sehingga shalat sunnah ini sangat dianjurkan untuk selalu diamalkan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>