Jelang Ramadhan, Harga Telur Ayam di Pasar Karawang Naik Hingga Rp 32 Ribu Per Kilogram


Ilustrasi. Pedagang telur ayam. (Antara)

AKTUALITAS.ID – Harga telur ayam di sejumlah pasar Kabupaten Karawang merangkak naik. Kenaikan terjadi sepekan sebelum Ramadan.

Di Pasar Baru Karawang misalnya, harga telur mencapai Rp 32.000 per kilogram. Sebelumnya telur ayam dijual dengan harga Rp 27.000 hingga Rp 29.000 per kilogram. Kemudian naik menjadi Rp 30.000 dan naik lagi menjadi Rp 31.000 sejak seminggu terakhir.

Menurut salah satu pedagang telur di Pasar Baru Karawang Epi, harga telur ayam terus naik seusai Pemilu 2024. Belum lagi dengan kondisi curah hujan yang tinggi.

“Harga pakan ayam juga ikut naik yang mempengaruhi harga jual telur di pasaran kurang stabil,” ujarnya, Minggu (3/3/2024).

Epi mengungkapkan, dampak dari kenaikan harga terlur ayam di pasaran juga berimbas terhadap pasokan telur ayam, yang berkurang pengirimannya ke para pedagang di pasaran dari para peternak ayam.

Akibatnya, menurut dia, omzet para pedagang menurun berkisar 20%. Pedagang berharap harga jual dan beli telur ayam bisa kembali normal menjelang Ramadan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>