Gaza Merayakan Semangat Ramadan, Meskipun Tanpa Makanan


Warga Palestina salat di depan masjid yang hancur akibat serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza, Jumat, 8 Maret 2024 (AP)

AKTUALITAS.ID – Meskipun dihadapkan dengan tantangan yang berat, warga Palestina di Gaza tetap menyambut bulan Ramadan dengan semangat dan kegembiraan. Meskipun kondisi ekonomi yang sulit dan ketidakpastian keamanan yang menghantui, semangat Ramadan tetap menyala di hati setiap individu.

Meski terpaksa tinggal dalam tenda plastik di Kota Rafah dan menghadapi kekurangan makanan, warga Gaza menunjukkan ketabahan dan semangat yang luar biasa.

“Kami tidak melakukan persiapan apa pun untuk menyambut Ramadan karena kami telah berpuasa selama lima bulan,” kata Maha, seorang ibu dari lima anak. Namun, semangatnya tidak surut. 

Dia menyatakan, “Tidak ada makanan, kami hanya punya makanan kaleng dan nasi, sebagian besar makanan dijual dengan harga yang sangat mahal,” namun, dia bersama keluarganya tetap berharap dan berdoa untuk masa depan yang lebih baik.

Walaupun tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Nehad El-Jed, seorang pengungsi di Gaza, menyatakan, “Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Namun, kita tetap tabah dan sabar, dan kita akan menyambut bulan Ramadan seperti biasa, dengan doa dan puasa.”

Meskipun situasi politik yang rumit dan kegagalan perundingan gencatan senjata, semangat Ramadan terus menyala di hati warga Gaza. Mereka tetap bersyukur atas berkah yang diberikan dan berharap akan masa depan yang lebih baik bagi mereka dan generasi mendatang. 

Semoga semangat kebersamaan dan perdamaian mengatasi segala tantangan yang dihadapi, sehingga mereka dapat menjalani Ramadan dengan damai dan penuh berkah. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>