Gempa Magnitudo 5,3 Terjadi di Pesisir Selatan Sumbar, Tidak Menimbulkan Tsunami


Ilustrasi Gempa Bumi (ist)

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,3 di Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Rabu siang ini. 

Gempa ini terjadi pada pukul 15.24 WIB dengan pusat gempa berada di koordinat 2,09 derajat lintang utara (LU) dan 100,44 derajat bujur timur (BT) serta kedalaman 21 kilometer.

Meskipun gempa ini cukup terasa, BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, masyarakat diminta tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Menurut BMKG, pusat gempa berjarak 883 kilometer barat daya dari Pesisir Selatan, Sumatera Barat. 

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Pihak berwenang terus memantau perkembangan situasi dan memberikan informasi terkini kepada masyarakat terkait dengan gempa ini.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia karena letak geografisnya yang berada di Cincin Api Pasifik. 

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan informasi dari BMKG atau lembaga terkait untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang bisa terjadi. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>