DPRD Minta Pemprov DKI Jakarta Tingkatkan Kesiagaan Antisipasi Banjir di Kapuk Muara


Sejumlah warga RW 01 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara merasakan ketinggian banjir pesisir (atau) rob mencapai 50 centimeter pada Senin (8/1/2024) . (Antara)

AKTUALITAS.ID – Anggota DPRD William Aditya Sarana menyoroti pentingnya kesiagaan dalam menghadapi potensi banjir di Kapuk Muara, Jakarta Utara. Ia meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memastikan bahwa pompa air di wilayah tersebut berfungsi dengan baik sebagai langkah preventif.

“Saya mendapatkan fakta bahwa dua dari tiga pompa air di Kapuk Muara sempat tidak berfungsi. Maka dari itu, saya meminta Pemprov DKI untuk melakukan pengecekan secara rutin terhadap pompa-pompa air ini,” kata William kepada wartawan di Jakarta, Selasa (26/3).

William juga menekankan pentingnya pemeriksaan terhadap kondisi tanggul di Jakarta sebagai upaya meminimalisir dampak banjir yang kerap terjadi. Ia menggarisbawahi bahwa cuaca yang sulit diprediksi menuntut responsifitas yang tinggi dari pihak terkait.

“Dua hal utama yang harus dijadikan prioritas adalah selalu menyiagakan pompa-pompa air dan memastikan kondisi tanggul tetap kuat. Pemprov DKI harus proaktif dalam melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan secara berkala,” ujarnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah mengingatkan masyarakat terkait potensi banjir pesisir di beberapa lokasi, termasuk Kapuk Muara, dalam rentang waktu tertentu. 

Kesiapan dan gotong royong dari berbagai pihak diharapkan dapat meminimalisir risiko banjir di Jakarta. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>