Kapal Tugboat Meledak di Kalteng, Dua Orang Tewas Terpanggang


Sebuah kapal tugboat penarik tongkang batu bara milik PT Pada Idi meledak di Desa Luwe, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Senin 25 Maret 2024. (BPBD)

AKTUALITAS.ID – Sebuah tragedi mengejutkan terjadi di perairan Kalimantan Tengah pada Senin malam (25/3/2024) ketika sebuah kapal tugboat milik PT Pada Idi yang sedang menarik tongkang batu bara meledak di Desa Luwe, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara. 

Insiden ini menyebabkan dua orang tewas terpanggang, satu orang hilang, dan dua lainnya mengalami luka bakar serius.

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Barito Utara, Rizali Hadi, “Dua korban yang kini berada di Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh tengah mendapat perawatan intensif.” 

Namun, kapten kapal yang terbakar masih belum dapat dimintai keterangan karena kondisinya yang sedang shock.

Insiden tragis ini juga menyoroti keberanian seorang karyawan perusahaan PT Pada Idi yang dengan cepat memotong tali tambat kapal agar tidak menjalar ke kapal lain saat terbakar. Saat kapal mulai terbakar, langkah tegas ini membantu mengurangi risiko kerusakan yang lebih besar.

Proses pemadaman yang dilakukan petugas dan warga sekitar memakan waktu hingga pukul 23.50 WIB. Namun, kedua korban tewas akibat ledakan tidak dapat dikenali lagi karena tubuh mereka rusak akibat terbakar. Jenazah keduanya kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya untuk pemeriksaan DNA lebih lanjut.

Meskipun penyebab pasti meledaknya kapal tugboat ini masih dalam penyelidikan, kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya keamanan dan kewaspadaan di lingkungan kerja yang berisiko tinggi. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>