Tol Cipali Siapkan Simulasi Contra Flow untuk Sukseskan Arus Mudik Lebaran 2024


Arsip foto -Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Dalam rangka mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2024, Astra Tol Cipali telah melakukan simulasi sistem contra flow di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Jumat (29/3/2024). Simulasi ini dilakukan sebagai persiapan untuk diberlakukannya sistem contra flow di ruas Tol Cipali, terutama dari KM 147 hingga KM 169.

Menurut Prayogi Setyo Pratomo, Head of Traffic & Security Management Department Astra Tol Cipali, sistem contra flow direncanakan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di titik pertemuan antara kendaraan yang berasal dari Tol Cisumdawu arah Bandung menuju Jawa Tengah di Tol Cipali, tepatnya di KM 156 Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Sistem contra flow ini direncanakan untuk mengantisipasi kemacetan di titik pertemuan arus lalu lintas dari Cisumdawu ke Cipali, terutama karena di Tol Cisumdawu belum ada rest area yang menyediakan pengisian bahan bakar minyak (BBM),” kata Prayogi, Jum’at (29/3).

Selain itu, simulasi tersebut juga bertujuan untuk memantapkan para petugas lapangan yang bertugas selama masa arus mudik Lebaran 2024. 

Ia menambahkan bahwa simulasi ini akan membantu para petugas untuk lebih siap menghadapi situasi di lapangan, termasuk dalam pemasangan sarana prasarana dan penanganan kendaraan.

Simulasi sistem contra flow dilakukan sepanjang lima kilometer, dari KM 152 hingga KM 157 Kabupaten Majalengka. Meskipun demikian, saat penerapan sesungguhnya nanti, wilayah simulasi diperkirakan akan meluas dari KM 147 hingga KM 169 sesuai dengan kondisi lapangan.Terakhir, terkait dengan sistem one way, Astra Tol Cipali akan mengikuti keputusan dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. 

Prayogi menegaskan bahwa pihaknya akan patuh terhadap kebijakan yang ditetapkan oleh Korlantas Polri terkait pengaturan arus lalu lintas selama masa arus mudik Lebaran.

Demikianlah upaya yang dilakukan oleh Astra Tol Cipali dalam memastikan kelancaran arus mudik Lebaran 2024 melalui persiapan sistem contra flow dan simulasi yang telah dilaksanakan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>