Terungkap, Oknum TNI AL dari Lanal Nias Bunuh Calon Siswa Bintara


Konferensi pers kasus casis tewas dibunuh personel TNI AL di Pangkalan TNI AL Nias, Minggu (31/3/2024) Foto: Dok. Pangkalan TNI AL NIAS

AKTUALITAS.ID – Oknum TNI AL dari Lanal Nias Serda AAM yang membunuh calon siswa (casis) Bintara bernama Iwan Sutrisman Telaumbanua (21 tahun), ternyata baru bertugas selama 2 tahun.

Hal ini diungkap oleh Komandan Denpom Lanal Nias Mayor Afrizal. “Baru 2 tahun lebih,” kata Afrizal saat dihubungi pada Minggu (31/3).

Serda AAM bertugas di Bagian Urusan Hartib Denpom Lanal Nias. Ini merupakan penempatan pertama Serda AAM.

Kasus ini bermula dari janji Serda AAM kepada keluarga Iwan untuk memberikan kelulusan dengan catatan membayar Rp 200 juta pada Desember 2022. Namun, setelah kesepakatan terjadi, Iwan dibawa ke Kota Padang pada 16 Desember 2022 untuk mengikuti seleksi Bintara.

Keluarga mulai curiga saat Iwan hilang kabar selama 6 bulan, namun Serda AAM selalu berdalih bahwa Iwan sedang mengikuti pendidikan. Baru pada Maret 2024, keluarga melaporkan kecurigaan mereka ke Lanal Nias.

Serda AAM mengakui telah membunuh Iwan pada 24 Desember 2022 dan membuang jasadnya ke jurang di daerah Sawahlunto, Padang, Sumatera Barat. Saat ini, Serda AAM sudah ditahan di POM Lantamal II Padang dan terancam hukuman mati atas perbuatannya tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>