Ketua Komisi X DPR Minta Ekskul Pramuka Tetap Wajib bagi Siswa


Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda. (Ist)

AKTUALITAS.ID – Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, mengeluarkan pernyataan tegas terkait dengan keberadaan ekskul Pramuka di lingkungan pendidikan. Hal ini berkaitan dengan penjelasan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang menyebut bahwa ekskul Pramuka tetap ada namun keikutsertaan siswa tidak wajib.

“Saya merasa opini pribadi dan sikap politik saya, saya tetap pada posisi Pramuka tetap harus diberlakukan wajib diikuti oleh siswa-siswi kita,” tegas Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Huda menyoroti nilai-nilai penting yang diajarkan oleh ekskul Pramuka yang menurutnya tak tergantikan oleh program lain dalam mendidik generasi muda.

“Terkait dengan cinta tanah air, kedisiplinan, kebersamaan, kepemimpinan, saya kira paket komplit di Pramuka itu. Karena itu menurut saya, pemerintah tetap perlu melakukan tindakan afirmasi, yaitu mewajibkan siswa untuk mengikuti Pramuka,” ujarnya.

Meski Kemendikbudristek telah menyiapkan opsi baru dengan mengadopsi materi pendidikan pramuka sebagai bagian dari kokurikuler, Huda tetap mempertahankan pandangannya.

“Jadi materi tentang pramukanya akan dimasukkan sebagai bagian dari materi kokurikuler, yang akan diajarkan di seluruh jenjang SD dan SMP. Tapi menurut saya tidak, saya tetap pada posisi tindakan afirmasi masih perlu oleh pemerintah yaitu tetap mewajibkan siswa kita untuk ikut Pramuka,” ucap Huda. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>