Panitia Salat Idul Fitri di Bantul Minta Maaf Terkait Khutbah Politik yang Viral


Viral jamaah Salat Ied Bubar karena ceramah politik (Foto: Tangkapan Layar/@Zoelfick)

AKTUALITAS.ID – Panitia penyelenggara Salat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Bantul, meminta maaf atas kontroversi yang diakibatkan oleh khutbah politik yang viral selama acara tersebut. 

Video singkat yang menampilkan seorang khatib yang menyinggung tentang pemilu curang dan nama Presiden Joko Widodo telah menarik perhatian publik.

Ketua PHBI Tamanan, Sujendro Nugroho, menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut, sambil mengakui bahwa pihaknya tidak sempat mengonfirmasi materi yang akan disampaikan oleh khatib karena kesibukan dengan kegiatan lainnya.

“Sejak tahun 1987 saya menjadi ketua PHBI tidak pernah minta materi, saya anggap sudah tahu semua (aturan-aturan), dulu tidak ada masalah apa-apa, baru kali ini,” ujar Sujendro Nugroho saat dihubungi, Jumat (12/4/2024).

Kejadian ini menimbulkan reaksi beragam dari masyarakat, dengan sejumlah jamaah meninggalkan lapangan tempat salat setelah khutbah tersebut. Kementerian Agama (Kemenag) turut mengimbau agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang dengan mencermati panduan pemerintah.

Sementara itu, panitia telah berjanji untuk lebih berhati-hati dan mengoreksi diri agar kejadian serupa tidak terulang di tempat dan waktu yang lain. Ini menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya menjaga keberlangsungan ibadah dalam suasana yang damai dan tidak terpolitisasi. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>