Jasa Marga Siap Hadapi Lonjakan Arus Lebaran dengan Optimalisasi Layanan Jalan Tol Semarang-Solo


Arsip - Kendaraan melintas di Jalan Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Dalam menghadapi lonjakan volume lalu lintas menjelang perayaan Idul Fitri, PT Jasa Marga Transjawa Tol telah meningkatkan layanan operasional jalan tol Semarang-Solo. 

Lonjakan tersebut terjadi pada tanggal 10-11 April 2024, atau H1 dan H2 Lebaran, karena banyaknya pengendara yang memanfaatkan waktu libur untuk bersilaturahmi dan berwisata bersama keluarga.

Menurut siaran pers dari Jasa Marga di Jakarta pada Jumat, volume kendaraan meningkat secara signifikan di Gerbang Tol Bawen, Tol Semarang-Solo, menuju berbagai destinasi wisata seperti Bawen, Ambarawa, Salatiga, Magelang, dan sekitarnya. Tempat-tempat wisata ramai seperti Bandungan, Dusun Semilir Eco Park, Rawa Pening, Kopeng, Dieng, dan Candi Borobudur menjadi tujuan favorit para pengguna jalan.

Lonjakan tersebut mencapai 32.887 kendaraan, naik 92,1 persen dari lalu lintas normal. Dalam menghadapi situasi ini, PT Jasamarga Transjawa Tol mengambil langkah-langkah untuk memperlancar akses menuju destinasi wisata di Jawa Tengah. Upaya tersebut meliputi penambahan petugas on call transaksi, petugas mobile reader, dan petugas pengatur antrean di gerbang tol.

Selain itu, tersedia juga titik layanan top up tunai dan uang elektronik, peningkatan sarana perlengkapan lalu lintas seperti traffic cone, water barrier, dan railing, serta penyiagaan kendaraan dan petugas perambuan. Rest area fungsional di KM 439A dan 444A juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna jalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya telah mengimbau para pemudik untuk pulang lebih awal guna mencegah kemacetan, dengan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Minggu (14/4) dan Senin (15/4). 

Langkah-langkah yang diambil oleh PT Jasamarga Transjawa Tol diharapkan dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih lancar bagi semua pengguna jalan tol. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>