Erdogan: Turki Bertekad Lindungi Yerusalem, Kecam Kekerasan Israel di Gaza


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AFP)

AKTUALITAS.ID – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menegaskan komitmen Turki untuk melindungi Yerusalem dalam pidatonya di hadapan Liga Parlemen untuk Al Quds (Yerusalem) di Istanbul. Erdogan menyatakan bahwa upaya melindungi Yerusalem adalah upaya untuk membela kemanusiaan, perdamaian, dan penghormatan terhadap berbagai agama.

Dalam pidatonya, Erdogan juga mengingatkan bahwa warisan nenek moyangnya dalam pelayanan kepada Yerusalem selama 400 tahun tidak dapat dihapuskan. Ia menyoroti pelecehan yang dihadapi Masjid Al Aqsa dan identitas kota kuno tersebut oleh Israel.

Erdogan menegaskan bahwa siapa pun yang mencari sosok “firaun modern” tidak perlu mencari jauh-jauh, merujuk pada pemimpin Israel, Benjamin Netanyahu. Ia mengecam keras tindakan Netanyahu yang telah membunuh ribuan warga Palestina di Jalur Gaza dalam beberapa bulan terakhir.

Turki, di bawah kepemimpinan Erdogan, telah menerapkan pembatasan ekspor terhadap Israel pada 54 kelompok produk sebagai bentuk protes. Selain itu, Turki juga aktif memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza, mengirimkan hampir 50.000 ton bantuan melalui pesawat dan kapal.

Erdogan juga menyoroti dukungan militer dan diplomatik yang diberikan Amerika Serikat kepada Israel, yang menurutnya hanya memperburuk masalah. Dia mengecam persetujuan paket bantuan militer senilai 25 miliar dolar AS kepada Israel oleh Senat AS sebagai tindakan yang merugikan.

Dalam penutup, Erdogan memuji peran Liga Parlemen Yerusalem sebagai suara global dan nafas perjuangan Palestina, serta menegaskan bahwa Turki akan terus berdiri di sisi Palestina dalam konflik tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>