Pemprov DKI Jakarta Himbau Buruh Jaga Ketenangan saat Peringatan May Day 2024


Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta Hari Nugroho saat memberikan keterangan pers terkait Lomba Cerdas Cermat Hubungan Industrial bagi buruh di Pusat Pelatihan Kerja dan Pengembangan Industri (PPKPI), Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Dalam mengantisipasi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2024, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta mengimbau kepada kaum buruh untuk menyampaikan aspirasi mereka dengan damai dan tidak melakukan aksi anarkis.

“Ya, namanya ekspresi silahkan saja turun ke jalan. Namun, jangan sampai anarkis,” kata Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta, Hari Nugroho, saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Hari Nugroho menegaskan pentingnya menjaga sarana dan prasarana selama berunjuk rasa di wilayah Jakarta. Menurutnya, menyampaikan aspirasi melalui demonstrasi adalah hak yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. 

“Segala sesuatu di negara kita diatur dengan peraturan, jadi jangan melebihi batas (anarkis),” tambahnya.

Disamping itu, Disnakertransgi DKI Jakarta juga telah menyiapkan berbagai kegiatan melalui Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Pemprov DKI Jakarta, termasuk panggung hiburan, pemberian paket sembako, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, dan bazar pangan murah.

Menurut Hari Nugroho, sebanyak 3.400 paket sembako telah disiapkan untuk didistribusikan kepada kaum buruh yang mengikuti kegiatan di lima wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.

“Pembagian sembako ini berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan kepada pekerja melalui Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh,” ujarnya.

Sementara itu, gabungan serikat buruh berencana untuk melakukan aksi besar-besaran di kawasan Istana Negara, Jakarta, sebagai bagian dari peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), pada Rabu (1/5).

Dengan imbauan dari pihak berwenang dan kesiapan penyelenggaraan kegiatan alternatif, diharapkan peringatan May Day tahun ini dapat berlangsung dengan damai dan memberikan manfaat bagi semua pihak. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>