Maarten Paes Resmi WNI, Siap Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026


Kiper milik klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat FC Dallas, Maarten Paes saat menjalani pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa, (30/4/2024). (PSSI)

AKTUALITAS.ID – Penjaga gawang Maarten Paes telah resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI), membuka jalan bagi partisipasinya dalam mengamankan gawang Timnas Indonesia. 

Dengan usia 25 tahun, Paes menyatakan keyakinannya bahwa Indonesia layak bersaing di panggung internasional, termasuk tampil di Piala Dunia 2026 mendatang.

Proses naturalisasi Paes sempat mengalami kendala administrasi, namun dengan upaya keras PSSI, ia akhirnya bisa mengambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta pada Selasa (30/4/2024).

Dalam keterangan resmi PSSI, Paes menyampaikan antusiasmenya untuk turut memperkuat Indonesia dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dengan pertandingan melawan Irak dan Filipina di bulan Juni mendatang, Timnas Indonesia hanya membutuhkan tiga poin lagi untuk melangkah ke fase ketiga kualifikasi dan otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Meski baru saja mendapat status WNI, Paes sudah tak sabar untuk menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia. Dia juga bertekad memberikan dampak positif di dalam dan di luar lapangan, menjadi teladan bagi generasi muda.

Mengacu pada pengalaman bermainnya dengan Timnas Belanda U-21, Paes tetap memenuhi syarat FIFA untuk bermain untuk Timnas Indonesia karena pada saat terakhir tampil bersama Timnas Belanda, usianya masih di bawah 21 tahun.

Dukungan besar dari penggemar sepak bola Indonesia juga menjadi motivasi bagi Paes. Dia merasa terkesan dengan kefanatikan dan loyalitas mereka, serta berharap bisa segera berdiri di bawah mistar Garuda dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Setelah melewati proses yang panjang, kasus administrasi Maarten Paes akhirnya teratasi, membuka jalan bagi kipernya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kabar ini memberikan harapan baru bagi sepak bola Indonesia dan menambah kualitas skuat Merah Putih di kancah internasional. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>