Connect with us

Berita

Soal Rasial ke Pigai, KSP Minta Polisi Proses Hukum Ambroncius

AKTUALITAS.ID – Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani meminta polisi menindak kader Partai Hanura Ambroncius Nababan yang diduga melakukan aksi rasisme terhadap Natalius Pigai. Jaleswari menegaskan konstitusi Indonesia menjamin kebhinekaan dalam berbagai instrumen hukum, seperti Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM. Sementara aksi Ambroncius itu tidak mencerminkan kebhinekaan. “Atas dasar tersebut, Polri […]

Published

on

AKTUALITAS.ID – Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani meminta polisi menindak kader Partai Hanura Ambroncius Nababan yang diduga melakukan aksi rasisme terhadap Natalius Pigai.

Jaleswari menegaskan konstitusi Indonesia menjamin kebhinekaan dalam berbagai instrumen hukum, seperti Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM. Sementara aksi Ambroncius itu tidak mencerminkan kebhinekaan.

“Atas dasar tersebut, Polri sebagai aparat penegak hukum jangan ragu untuk melakukan penegakan hukum terhadap kasus ini secara cepat dan tegas,” kata Jaleswari, lewat keterangan tertulis, Senin (25/1/2021).

Jaleswari menyatakan aksi Ambroncius itu merupakan bentuk diskriminasi. Menurutnya, berdasarkan aturan yang ada, aksi tersebut dapat diproses secara hukum.

Ia mengklaim pemerintah tak akan pandang bulu terhadap berbagai bentuk tindakan diskriminatif. Menurutnya, tak ada toleransi dan impunitas bagi pelaku diskriminasi.

“Ini peringatan keras bagi perseorangan ataupun kelompok untuk tidak bermain api dengan SARA, karena pemerintah tanpa ragu akan menindak keras dan tegas segala bentuk tindakan yang dapat mengancam persatuan negara dan bangsa,” ujar Jaleswari.

Sebelumnya, politikus Partai Hanura Ambroncius menggunggah konten rasisme lewat akun Facebook pribadinya. Ia menyandingkan mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dengan foto gorila.

Belakangan diketahui Ambronciuas adalah pendukung Jokowi. Ia menjabat ketua umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin).

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending