Connect with us

Nusantara

Jumlah Korban Meninggal Akibat Tanah Longsor Tambang di Gorontalo Capai 23 Orang

Published

on

AKTUALITAS.ID – Jumlah korban tanah longsor di kawasan tambang rakyat Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo terus bertambah. Hingga Selasa pukul 23.00 WITA, jumlah korban meninggal dunia telah mencapai 23 orang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Hariyanto, dalam keterangan persnya pada Rabu (10/7/2024), menyebutkan bahwa total keseluruhan korban mencapai 173 orang. Dari jumlah tersebut, 23 orang dinyatakan meninggal dunia, 81 orang berhasil diselamatkan, dan 33 orang masih dalam pencarian.

“Korban yang selamat sebagian besar mengalami luka-luka hingga patah tulang dan saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit,” ujar Hariyanto.

Memasuki hari ketiga pasca-kejadian yang terjadi pada Sabtu malam (13/7/2024), tim SAR gabungan yang melakukan pencarian di lokasi terus bertambah. Tim elit dari Basarnas Pusat hingga personel dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Sulawesi Utara turut bergabung dalam operasi penyelamatan.

Proses evakuasi yang sebelumnya memakan waktu dan tenaga ekstra kini menjadi lebih mudah dan cepat berkat bantuan Helikopter AW 169 Register 0-3304 milik Baharkam Polri yang didatangkan oleh Kapolda Gorontalo.

“Karena hari sudah gelap, proses pencarian dan evakuasi untuk sementara dihentikan dan akan dilanjutkan kembali pagi ini,” jelas Hariyanto.

Sementara itu, personel gabungan di Posko SAR Desa Tulabolo terus mengumpulkan data dan informasi terkait jumlah serta identitas korban. Langkah ini diambil untuk memudahkan pihak keluarga yang mencari keberadaan anggota keluarganya.

Hariyanto juga menambahkan bahwa hingga saat ini, sebagian besar wilayah Kecamatan Suwawa Timur Bone Bolango masih diguyur hujan dengan intensitas sedang, yang berpotensi menghambat proses pencarian dan evakuasi.

Dengan tantangan cuaca yang dihadapi, tim SAR tetap berkomitmen untuk terus melakukan pencarian demi menemukan seluruh korban yang masih hilang. 

Semoga proses pencarian dan evakuasi dapat berjalan lancar, dan keluarga korban diberikan kekuatan dalam menghadapi musibah ini.(KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending