Pengamat Ramalkan Menteri Jokowi Didominasi dari Elit Parpol


Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyapa ribuan pendukungnya saat kampanye di Kota Probolinggo, Jawa Timur,  Rabu (10/4/2019). Dalam kampanye tersebut Jokowi memperkenalkan tiga kartu sakitnya kepada masyarakat dan juga berpesan agar perbedaan pilihan politik tidak menjadikan bangsa ini pecah. [Kiki Budi Hartawan].

AKTUALITAS.ID – Pengamat Politik Dedi Kurnia Sya meramalkan kabinet kerja jilid dua Joko Widodo lebih banyak dari kalangan elit parpol. Padahal, pada periode pertama 2014-2019 Jokowi berhasil membangun citra baik dari sejumlah menteri kalangan sipil. 

“Tetapi, melihat kondisi politik hingga hari ini, rasanya akan kabinet akan dominan dari kalangan parpol, tidak banyak berubah dari terdahulu secara porsi,” ujar Dedi kepada wartawan, Rabu (3/7/2019).

Dedi mengatakan pada periode awal pemerintahan Joko Widodo, menteri dari kalangan non-parpol mampu bekerja dengan maksimal membangun Indonesia hingga mampu bersaing di kancah internasional.

“Mempelajari kinerja kabinet sepanjang 5 tahun lalu, paling tidak kita punya harapan besar Jokowi memilih lebih banyak dari kalangan non Parpol, terlebih kader parpol punya potensi lebih besar terjangkit masalah korupsi,” jelasnya.

Dedi menambahkan, terdapat beberapa nama menteri yang harusnya dipertahankan Joko Widodo pada periode kedua ini. Beberapa di antaranya Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. 

Pasalnya, menteri-menteri tersebut dinilai apik membawa Indonesia lebih baik dan mampu bersaing di tengah serangan globalisasi.

“Nama-nama penting yang harusnya bertahan adalah menteri eksisting yang prestatif, sebut saja KKP, Menlu, Menperind, MESDM,” tandasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>