Netizen Pada Luna Maya Cs: WWF Pencitraan Padamkan Karhutla!


Kebakaran Hutan (Ist)

AKTUALITAS.ID – Netizen bereaksi atas postingan para artis Luna Maya Cs. Kecaman datang karena menilai para artis ini hanya asal posting tanpa mencari tahu upaya yang telah dilakukan pemerintah. Unggahan foto dan narasi yang digunakan sama persis, serta menyebutkan bahwa upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Jambi dilakukan oleh anggota LSM asing WWF (World Wide Fund for Nature).

Kecamanpun datang karena menilai para artis tidak membaca berita, dan hanya asal endorse, tanpa menghargai kerja pemerintah Indonesia dan perjuangan tim pemadam, terutama dari Manggala Agni yang baru saja kehilangan anggota mereka yang meninggal dunia saat berjuang memadamkan api di Jambi.

”Saya kaget WWF disebut berjuang memadamkan api…kami sampai kehilangan saudara/rekan/pahlawan kami, gugur dalam tugas mungkin juga sudah sampai ke telinga anda…kami terpukul, kami berduka, tapi itulah bentuk pengabdian kami untuk negara dan bangsa kami. jgn sampai pengorbanan rekan kami menjadi sia2…jadi jgn asal mengaku2..semoga WWF tau diri dan sadar diri,” tulis @feriyanto63 di akun Luna Maya.

Akun Happy Salma juga diserbu netizen yang mengecam. ”Mbak Happy, dari mana ya wwf Indonesia ikut madamin karhutla di Jambi? Mana buktinya wwf ikut memadamkan?,” tulis @dekiandikapurbaya.

Postingan ini juga mendapat komentar dari akun medsos @manggalaagnidaopsmuarabulian yang menjadi lokasi sebagaimana disebutkan dalam postingan para artis. Titik api di lokasi ini ternyata sudah padam, namun para artis hanya memposting soal kebakaran, tanpa menyertakan informasi lanjutan.

”Mbak happy, tolong proporsional dalam menyampaikan informasi. Rekan kami gugur saat melaksanakan tugas. Tidak ada namanya wwf bergabung bersama kami di satgas kabupaten atau provinsi dalam menangani karhutla,”.

Para artis disebut tidak memahami persoalan lapangan, namun memuji kerja LSM yang disebut hanya melakukan pencitraan ikut memadamkan karhutla.

Ads Aktualitas

”Mba turun aja ke lapangan, liat sendiri, siapa yg benar2 bekerja di lapangan. Orang WWF itu cuma mau numpang photo dgn tim pemadam satgas buat ngasi (bukti) reimbursh biar dapat suntikan dana. Paling cuma mampu madamin kecil2 ilalang abis itu pulang. Sementara anggota satgas karhutla itu berjibaku siang malam tanpa henti,malah LSM asing ini yg mba sebut2 kerjanya,..Pemerintah Pak @jokowi dan Menteri @sitinurbaya pasti lagi sibuk kerja mba…petugas di lapangan lagi sibuk madamin api..mba cuma bisa posting2 aja tanpa tau masalah di lapangan.” tulis @partyplanner.pekanbaru.

”Hey @LunaMaya, ini ya info kau baca ya. Infonya lokasi kebakaran berada di konsesi PT LAJ dan areal restorasi ekosistem PT ABT (konsorsium WWF), sebenarnya itu jadi tanggungjawab pemilik konsesi dlm pengendalian karhut di area konsesinya…kurang baik apa pemerintah dalam membantu memadamkan api melalui Manggala Agni. Kalau mau giring isu jangan asal-asalan kayak masa lalumu deh” tulis akun reyzakeroro.

”Tau gk mba teman2 manggala agni yang meninggal karena berusaha memadamkan api. kemudian ada yg kecelakaan dan lainnya. Posting ayo kalo berani jangan endors murahan kayak gini yang diposting…” tambah akun lainnya.

Hingga Kamis (29/8/2019) pagi, berbagai kecaman netizen pada akun-akun artis yang diduga endorse karhutla di Jambi, terus bermunculan. Diantaranya adalah akun Chicco Jerikho, Tatjana Saphira, Wulan Guritno, Shalom Razade, Lukman Sardi, Luna Maya, Karina Joesoef, Amanda Gratiana, Aming, Ganindra Bimo, Ratna Galih, Happy Salma, dan beberapa akun lainnya. Nama artis di atas seperti Chicco Jerikho dan Wulan Guritno, memang dikenal juga sebagai warrior WWF, yang merupakan lembaga non pemerintah (LSM internasional).

Postingan endorse para artis mendapat tanggapan dari sipongi_klhk, terlihat pada akun Luna Maya. ”@lunamaya Pemprov Jambi telah menetapkan siaga darurat sejak tanggal 23 Juli-20 Oktober sehingga bisa mengatasi kebakaran lebih dini. Untuk pemadaman udara kami telah menuangkan air sebanyak 5.700.000 liter air khusus wilayah Jambi.

Untuk kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sekitar Taman Nasional Bukit Tiga Puluh sudah ada upaya pemadaman yang dilaksanakan oleh Manggala Agni KLHK, TNI, Polri, Brigdalkar Taman Nasional dan masyarakat. Kondisi api sekarang sudah padam,”. [RK]

Ads Aktualitas