Mahfud MD: Rakyat Lebih Suka Prabowo Pimpin Oposisi


Mahfud MD. (Dok: AKTUALITAS.ID/KIKI BUDI HARTAWAN)

AKTUALITAS.ID – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai rakyat Indonesia saat ini lebih menyukai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memimpin oposisi di parlemen.

Bukan tanpa alasan, menurut Mahfud, Prabowo dianggap mampu memimpin oposisi di parlemen sebagai kontrol terhadap pemerintahan selama lima tahun ke depan.

“Rakyat seperti kita-kita ini lebih suka Pak Prabowo memimpin oposisi di parlemen,” kata Mahfud di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Senin, 15 Juli 2019.

Mahfud mengandaikan oposisi 36 persen apabila empat partai yakni Partai Gerindra, PKS, dan PAN bergabung sudah cukup lumayan untuk mengimbangi kubu pemerintah.

Namun demikian, saat ini hanya PKS yang secara jelas menyatakan belum bersedia bergabung dengan pemerintah padahal kekuatannya hanya 8 persen di parlemen.

“PKS itu hanya 8 persen berarti nanti kekuatannya 92 persen lawan 8 persen, tidak imbang, tidak sehat bagi kehidupan demokrasi konstitusional kita,” imbuhnya.

Menurut dia, Presiden terpilih Joko Widodo melalui pidatonya telah membuka opsi agar muncul oposisi sebagai kekuatan kontrol di DPR yang bisa dilakukan oleh Prabowo atau partai-partai lain. Namun, Jokowi berharap agar terwujud oposisi yang terhormat karena oposisi itu merupakan peran yang mulia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>