Beredar Susunan Kabinet Kerja Jokowi-Ma’ruf


Pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin berserta isteri memberikan salam kepada para pendukung dan relawan dalam acara Visi Indonesia di Sentul International Convetion Center, Bogor, Jabar, Ahad (14/7). Dalam kesempatan tersebut pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin menyampaikan visi-misi mereka dalam memimpin Indonesia 5 tahun mendatang. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Publik kembali digegerkan dengan munculnya susunan Kabinet Kerja Jilid 2 periode 2019-2024 pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. File berbentuk pdf itu tersebar lewat pesan berantai di kalangan media, Selasa malam, 16 Juli 2019.

“Risalah rapat pengangkatan menteri pembantu presiden dalam kabinet kerja jilid II periode 2019-2024,” begitu pembuka file tersebut.

Dalam risalah yang bertuliskan Koalisi Indonesia Maju itu tercantum rapat tersebut berlangsung di Sentul City International Convention Center, Bogor, Minggu (14/7/2019), bertepatan dengan pidato “Visi Indonesia” yang disampaikan Jokowi.

Dari susunan kabinet yang didapat aktualitas.id , posisi Luhut Binsar Panjaitan masih menduduki jabatan Menko Kemaritiman, Sri Mulyani menjabat Menteri Keuangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam masih diduduki Ignasius Jonan.

Nama Retno Lestari Priansari Marsudi masih bertahan sebagai Menteri Luar Negeri, Basoeki Hadimoeljono sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kemudian nama Pramono Anung yang sebelumnya menjabat Seskab diproyeksikan menjadi Menteri Sekretaris Negara. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang sebelumnya menjabat Menteri Perindustrian digeser ke Menko Perekonomian. Ada pula nama Moeldoko yang menjabat Menko Polhukam.

Selain ‘wajah lama’ ada juga wajah baru di Kabinet Kerja yang beredar, mereka adalah Ketua TKN Erick Thohir menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dijabat Yusril Ihza Mahendra serta Menteri Sosial diisi oleh putri mantan presiden Aburrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid).

Yang bikin kaget adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA) diisi oleh Ketum PSI Grace Natalie serta Menkominfo diisi putri Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo.

Di jajaran lembaga negara setingkat kementerian, pengusaha Wishnutama Kusubandio diproyeksi menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif, sementara mantan Ketua MK, Mahfud MD, menjabat Jaksa Agung RI, menggantikan HM Prasetyo.

Berikut hasil tangkap layar susunan kabinet susunan Kabinet Kerja Jilid 2 periode 2019-2024 pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin:

Screen capture yang diduga Susunan Kabinet Kerja Jilid II (Istimewa)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>