Dinsos DKI Tetap Salurkan Bantuan ke Pencari Suaka


AKTUALITAS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Sosial masih memberikan bantuan untuk para pencari suaka yang tinggal di tempat penampungan di Gedung Eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. Sebelumnya, bantuan itu direncanakan hanya diberikan selama satu pekan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Tarmijo Damanik, Kamis (18/7/2019).

“Iya diperpanjang bantuannya. Sampai waktu yang nanti ditentukan,” ungkapnya.

Para pencari suaka telah menempati eks Kantor Kodim sejak Kamis, 11 Juli 2019 lalu. Mereka dipindahkan dari lokasi sebelumnya di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat tepat di depan kantor Badan PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Pemprov DKI, melalui Dinas terkait, seperti Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, bersepakat memberikan bantuan berupa tempat tinggal sementara, makanan, fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) dan bantuan logistik lainnya, sembari menunggu tindak lanjut dari pemerintah pusat dan UNHCR.

Berdasarkan data jumlah pengungsi di Kalideres diperkirakan mencapai 1.300 orang. Akan tetapi, jumlah pengungsi terus berubah ada yang datang dan juga pergi.

“Pemprov DKI hanya bisa memberikan bantuan untuk kebutuhan dasar para pencari suaka sampai ada keputusan dari pemerintah pusat dan UNHCR,” tutupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>