5-10 Januari 2020, BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi di Sejumlah Daerah


Ilustrasi. Hujan. (IST)

AKTUALITAS.ID – Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Harry Tirto Djatmiko mengatakan cuaca di sejumlah daerah di Indonesia terindikasi mengalami curah hujan deras pada rentang 5 hingga 10 Januari. Wilayah tersebut adalah Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi, Sumatera Selatan.

“Periode antara tanggal 5 sampai 10 tadi ada indikasi potensi curah hujan yang cukup signifikan,” ujar Harry, Jakarta, Sabtu (4/1/2020).

Harry mengatakan, curah hujan yang terjadi dalam rentang waktu tersebut bervariasi namun rata-rata mencapai 300 mm per bulan. Namun, ia mengingatkan intensitas hujan tidak dapat dipastikan terjadi secara konstan di bulan yang sama.

Misalnya, kata Harry, di bulan Januari curah hujan bisa di atas 300 mm. Intensitas itu bisa saja hanya terjadi selama seminggu, atau lima hari, atau bahkan satu hari saja.

Setelah masyarakat mengetahui potensi curah hujan, yang perlu dilakukan adalah langkah antisipasi dengan mengenali potensi bencana di wilayah yang ditinggali.

“Jadi yang diperhatikan masyarakat itu adalah intensitas bulanannya dulu. Setelah informasi bulanannya dapat, intensitas tinggi saya berada di mana, daerah yang rentan, rentan apa? potensi genangan maupun banjir,” ujar Harry menjelaskan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus memperbaharui segala informasi cuaca melalui BMKG. Tujuannya, untuk melakukan antisipasi dini jika ada prediksi cuaca ekstrem.

“Harapan kami, perlunya mengupdate informasi itu,”ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>